Tidak Hanya Dilatih, Peserta WUB Juga Difasilitasi Modal

News3 Dilihat

KM.ID | PAMEKASAN — Setelah diberikan pelatihan, peserta Wira Usaha Baru (WUB) tidak dilepas begitu saja. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan pendampingan dan bantuan pinjaman modal.

Menurut Kepala Bidang (Kabis) Pelatihan dan Hubungan Industrial Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Pamekasan, Deddy Aryanto, pendampingan yang dilakukan seperti pemasaran, permohonan surat izin produksi, dan lainnya.

“Makanya kami membentuk fasilitator di setiap kecamatan, salah satu fungsinya untuk melakukan pendampingan,” tegasnya, Selasa (19/7/2022).

Deddy menambahkan, pemkab menyediakan dua jenis pelatihan, yakni olahan dan jasa. Pelatihan jenis olahan meliputi pembuatan kripik singkong, aneka kue basah, dan lainnya. Sementara untuk pelatihan jasa, seperti menjahit, bordir, dan perbengkelan.

“Selain itu, kami menyiapkan program pemagangan untuk di beberapa jenis pelatihan,” imbuhnya.

Pihaknya berkomitmen akan terus mengawal peserta WUB hingga bisa menjalankan usaha sesuai dengan pelatihan yang telah diikuti. Selain pendampingan, pemkab juga disiapkan bantuan pinjaman modal.

Baca Juga :  Lele Jumbo

“Pemkab bekerja sama dengan salah satu bank untuk menyediakan pinjaman modal. Ini sebagai bentuk komitmen pemkab dalam mencetak wirausaha baru,” tukas Deddy.

Reporter: KM1

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *