Upaya Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes KB Sampang Optimalisasi Peran Posyandu

News58 views

KABARMADURA.ID| SAMPANG – Untuk terus meningkat kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang gelar Gebyar Posyandu Prima di Polindes Desa Astapah, Kecamatan Omben, Selasa (8/8/2023) lalu.

Kepala Dinkes KB Sampang dr. Abdulloh Najich menuturkan, pos pelayanan terpadu (posyandu) di setiap desa memiliki peranan penting dalam mendukung peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Maka dari itu, keberadaannya perlu terus dioptimalkan.

Posyandu merupakan salah satu program kesehatan dasar yang ditujukan khusus untuk memantau dan meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada kelompok balita (anak usia 0-5 tahun), ibu hamil dan lansia. Mengingat kesehatan menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, sejak balita hingga lansia.

Baca Juga:  10 Kecamatan di Sumenep belum Terima Pendaftar PPK unsur Perempuan

“Adanya posyandu di desa-desa ini sangat penting untuk terus dioptimalkan guna menjaga kesehatan masyarakat. Mengingat program ini bersentuhan langsung dengan masyarakat di bawah,” tuturnya.

Menurut dia, program posyandu dinilai paling bisa mengatasi ketimpangan pelayanan kesehatan. Pasalnya, kondisi di setiap daerah tidak sama, ada yang jauh dari pusat kesehatan dan rumah sakit, yang hanya bisa dijangkau oleh program posyandu tersebut.

“Kami harap dengan keberadaan posyandu di desa-desa ini terus mampu meningkatkan kesehatan bagi semua masyarakat. Jika masyarakat sehat, maka Indonesia juga sehat.” terang dr. Najich.

Baca Juga:  Plt Bupati Bangkalan: Banyak PR Menanti Kades Usai Dilantik

Sementara Kepala Desa Astapah, Kecamatan Omben, Shohib menyampaikan, pihaknya sangat mendukung atas adanya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Terlebih tentang kesehatan masyarakat. Semoga posyandu di Desa Astapah ini semakin maju dan baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Gebyar Posyandu Prima dihadiri perwakilan dari Forkopimcam Omben, Kepala Puskesmas Jrangoan dr Nora Kepalan, Kepala Puskesmas Omben dr. Yuanita Christiani, Kepala Desa Astapah Shohib, dan seluruh kader posyandu di Kecamatan Omben.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *