8 Remaja di Pamekasan Jadi Teladan Perilaku Positif Remaja

News113 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sudah melaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Sabtu (10/06/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, diwakili Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Pamekasan dr. Hendarto.

Hadir juga Bunda Genre Pamekasan Nayla Baddrut Tamam, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), dan perwakilan Duta Genre dari empat kabupaten di Madura, serta para undangan.

Plt DP3AP2KB Pamekasan dr. Hendarto menyampaikan, perilaku remaja mudah terpengaruh, salah satunya dari lingkungan. Tidak jarang banyak yang ditemukan berkelakuan di luar batas etika yang normal. Dampaknya, hamil di luar nikah, aborsi, sek bebas, penyalahgunaan narkotika dan lainnya. 

Dengan adanya duta genre, perilaku yang menyimpang tersebut bisa diarahkan kepada aktivitas  yang lebih positif.

“Adanya duta genre diharapkan sosialisasi promosi di lingkungan remaja akan lebih efektif, karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja,” paparnya, saat memberikan sambutan.

Baca Juga:  Disbudpar Jatim Berikan Pelatihan Digital Promosi Pada SDM Pengelola Pariwisata

Dia menjelaskan, program tersebut dikembangkan untuk mendorong pengetahuan remaja tentang kedewasaan di usia perkawinan. Kemudian agar bisa mampu merencanakan program pendidikan secara terencana. Selain itu, dituntut untuk menanamkan pembentukan karakter bangsa dan sebagai wadah untuk mengembangkan karakter bangsa.

“Terpilihnya duta gender diharapkan menjadi contoh figur dan teladan bagi remaja lainnya, duta genre yang terpilih harus memiliki pemahaman yang baik terkait substansi program genre,” ulasnya.

Duta Genre juga akan dikembangkan, mulai dari perhatian terhadap kesehatan reproduksi remaja, life skill, menyiapkan kehidupan berkeluarga, kependudukan dan pembangunan keluarga, serta memiliki kemampuan public speaking kepribadian yang baik.

“Kami sampaikan selamat kepada yang terpilih, semoga remaja Pamekasan yang hebat, rajjeh, bhejreh tor parjugeh,” ulasnya.

Proses seleksi program tersebut sudah dilakukan sejak 27-28 Mei 2023 di Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan. Diikuti 70 peserta, kemudian diambil 10 orang putra, 10 orang putri. Mereka yang lolos kemudian dikarantina pada 3 hingga 4 Juni 2023  di Hotel Asri.

Baca Juga:  Visi dan Misi Bupati dan Wabup Pamekasan Berpihak untuk Kepentingan Rakyat

Dari 20 orang, diambil lima pasang dan diambil dan dipilih juaranya. Pada kategori putra, juara 1 berhasil menjadi juara adalah Oktavian Ilham Ramadhani dari  MAN 1 Pamekasan. Kemudian Aldi Wahyudi dari SMAN 1 Pamekasan meraih juara 2, dan Dhafa Kafka Dias Khayru dari SMAN 2 Pamekasan meraih juara 3.

Sedangkan untuk kategori putri, juara 1 diraih Yeni Apriliyanti dari Universita Madura, Nur Rizkiyani Hafifah dari SMAN 4 Pamekasan meraih juara 2, dan Nurul Qomariyah dari SMAN 3 Pamekasan meraih juara 3. 

Adapun juara kategori lainnya, adalah Citra Salma Nurani SMAN 3 Pamekasan yang meraih juara favorit dan Moh. Arifin Ilham dari SMAN 4 Pamekasan meraih juara inspiratif.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *