Bakal Kecipratan Rp2 Miliar untuk Pembenahan Fasilitas Pelabuhan Raas Sumenep

News11 Dilihat

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Tahun ini, perbaikan dan perawatan Pelabuhan Raas akan mendapat kucuran anggaran dari bantuan keuangan (BK) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Rp2 miliar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Sumenep Dadang Dedi Iskandar, Senin (9/1/2023). 

Menurutnya, dana itu akan digunakan untuk pembenahan sarana atau fasilitas pemesanan tiket. Bahkan saat ini sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim agar segera merealisasikan anggaran ke daerah. Apalagi, sulit merealisasikan pembenahan fasilitas tanpa adanya dana BK. 

“Karena kebutuhan untuk pembenahan fasilitas pelabuhan ini cukup besar. Kami yakin, dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mampu,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Pihaknya menuturkan, realisasi pekerjaan pembangunan pelabuhan tidak sama dengan pekerjaan fisik. Termasuk dalam perencanaannya. Sebab konstruksinya berkaitan dengan air laut. Namun, sesuai informasi dari provinsi, kemungkinan besar pekerjaan akan dilaksanakan tahun ini sebagai bentuk lanjutan pembangunan dari perubahan anggaran keuangan Rp200 juta tahun 2022. 

Baca Juga :  Anggaran Minim, Potensi Banjir Pamekasan Belum Diatasi Penuh

“Makanya untuk pembenahan fasilitas ini kami hanya bisa berharap dari dana BK Provinsi Jatim. Selai akses menuju Pelabuhan Jangkar dan Kalianget kurang layak, pos pemesanan tiket terlihat kumuh dan bagian atapnya mulai runtuh ,” tuturnya.

Sementara Sekretaris Komisi III DPRD Sumenep M Ramzi menekan, realisasi pembenahan fasilitas pelabuhan segera direalisasikan. Sebab tahapannya membutuhkan waktu yang lama. Terutama dalam perencanaan pembangunan atau pembenahan fasilitas pelabuhan. 

“Mudah-mudahan segera terealisasi dan tidak dikerjakan di akhir tahun. Makanya, kami mendesak agar segera mengeksekusi tahapannya,” responnya.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *