BK Provinsi untuk BUMDes di Sampang Belum Cair

Uncategorized10 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memiliki program bantuan keuangan (BK) untuk badan usaha milik desa (BUMDes). Di Sampang ada enam BUMDes yang dipastikan mendapatkan bantuan tersebut.

 

Namun, jadwal pencairan bantuan tersebut sampai saat ini belum jelas. Bahkan, hingga hampir memasuki bulan November ini, belum ada sinyal dari Pemprov Jatim. Sementara setiap BUMDes harus segera mengelola bantuan dan membuat laporan pertanggungjawaban.

 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Kerjasama Desa, Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Taufiqurrachman mengaku tidak tahu jadwal pasti pencairan BK tersebut.

 

Namun demikian, dia memastikan, rentan waktu antara pencairan bantuan dan pelaksanaan hingga pembuatan laporan pertanggungjawaban tidak akan sampai tutup tahun anggaran. Karena itu, dia meyakini, di akhir Oktober atau setidaknya di awal November sudah cair.

Baca Juga :  Fausi: Alumni Pesantren Harus Jadikan HSN sebagai Momentum Jihad Kebermanfaatan

 

“Insya Allah nutut. Karena kita masih ada waktu dua bulan dari sekarang,” ucapnya kepada Kabar Madura, Selasa (25/10/2022).

 

Taufik menambahkan, BK dari Pemprov Jatim untuk BUMDes yaitu sebesar Rp75 juta. Dana itu dibagi menjadi dua; Rp72 juta untuk pengembangan BUMDes dan Rp3 juta untuk operasional desa. Di Sampang ada enam BUMDes yang dipastikan dapat.

 

Enam BUMDes tersebut tersebar di sejumlah desa. Yakni di Desa Pulau Mandangin, Desa Tanggumong, Desa Kotah, Desa Pangarengan, Desa Disanah, dan Desa Ragung. Tahun lalu, ada lima BUMDes yang mendapatkan bantuan serupa. Untuk tahun depan pihaknya belum mengusulkan.

 

“Belum ada kabar dari provinsi,” pungkasnya.

 

Jumlah Anggaran BK Provinsi untuk BUMDes: Rp75 juta

Pengembangan BUMDes: Rp73 juta

Operasional desa: Rp2 juta

Enam desa yang akan menerima:

 

Desa Pulau Mandangin

Baca Juga :  Tingginya Capaian Investasi Sumenep Dinilai Bukan Keberhasilan

Desa Tanggumong

Desa Kotah

Desa Pangarengan

Desa Disanah

dan Desa Ragung

Reporter: Ali Wafa

 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *