BPBD Sampang Dapatkan Tambahan Anggaran Bantuan Air Bersih Atasi Kekeringan

News, Headline73 views

KABARMADURA. ID| SAMPANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang mendapatkan anggaran bantuan air bersih untuk menangani kekeringan di sejumlah desa yang terus berlanjut. Dana tambahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sampang 2023 itu senilai Rp150 juta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Sampang Fajar Arif Taufikurrahman mengatakan, pihaknya intens berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dalam menangani bencana kekeringan pada musim kemarau ini.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Kemarin kami sudah mendapatkan anggaran dana untuk bantuan air bersih dari pemprov. Kemudian karena kami takut dampak kekeringan ini sampai Oktober, maka kami minta bantuan ke pemprov lagi, tapi ternyata anggaran dari pemprov sudah tidak ada lagi,” jelas, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga:  Pelaksanaan PAW Kades Karamian Kecamatan Masalembu Sumenep Terganjal Sistem Penganggaran

Oleh sebab itu, kata Fajar, pihaknya segera mengadakan rapat bersama Komisi IV DPRD Sampang untuk mencari solusi terkait permasalahan tersebut. “Alhamdulillah diperjuangkan oleh teman-teman Komisi IV waktu rapat dengan Banggar, sehingga pengajuan itu disetujui,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, untuk realisasi tambahan anggaran itu pihaknya akan kembali menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sampang. Fajar menyebut, BPBD akan segera meminta PDAM Sampang untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB).

“Kami juga harus mendata lagi ke bawah, sambil lalu kami nunggu data itu. Meskipun sudah ada data 62 desa kering kritis, kami tetap melakukan pendataan lagi ke bawah, takut ada desa yang belum terkaver,” tegas Fajar.

Baca Juga:  Disdikbud Pamekasan Tingkatkan Pengetahuan Baca Kitab melalui TOT

Pewarta: KM70

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *