Diskan Sampang Komitmen Tingkatkan SDM Pembudidaya Ikan

News13 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para pelaku budidaya ikan lele dan vaname, Dinas Perikanan (Diskan) Sampang menggelar kegiatan pembinaan dan kelas edukasi budidaya. Acara tersebut dilaksanakan di Lantai II Aula Kantor Diskan Sampang, Rabu (7/9/2022).

Sebagai pemateri, instansi yang bergerak di bidang perikanan ini mendatangkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Amir Machmud dan Dodik H. Selain itu, pemateri juga berasal dari kalangan pembudidaya yang sudah sukses menggeluti usaha tersebut.

“Untuk peserta yang hadir, merupakan para pembudidaya dari berbagai wilayah di Sampang, yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan, meliputi Sampang, Camplong, Omben, Sokobanah dan lainnya,” ujar Kepala Diskan Sampang Wahyu Prihartono melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya Moh. Mahfud.

Menurutnya, kegiatan pembinaan terhadap pelaku usaha budidaya ikan lele dan vaneme merupakan kegiatan rutin. Tujuannya,  untuk menambahan wawasan, pengetahuan dan meningkatkan kualitas SDM para pembudidaya ikan di daerah yang identik dengan slogan Kota Bahari.

Baca Juga :  Untuk Tangani Kasus Ustaz Yazir, Polres Pamekasan Harus Datangkan Ahli Bahasa

“Pada dasarnya kegiatan pembinaan ini guna meningkatkan pengetahuan para pembudidaya, dengan harapan usaha yang dijalankan lebih berkembang dan maju, serta berdampak terhadap pendapatan,” tuturnya kepada Kabar Madura.

Setelah para pembudidaya mendapat ilmu dari kegiatan pembinaan, diharapkan mampu menyebarluaskan kepada para pembudidaya lain. Utamanya di lingkungan sekitar. Sebab, tujuan utama dari kegiatan yakni, pengaplikasian secara benar pada saat membudidaya ikan. Sedangkan materi yang ditekankan, tata cara membudidaya termasuk kendala yang dihadapi.

“Semoga pasca kegiatan ini, para pembudidaya, khususnya di Sampang bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan, sehingga usaha budidaya ikan terus maju, pendapatannya meningkat dan hidupnya lebih sejahtera,” harapnya.

Reporter: Fauzi

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *