DKP Bangkalan Akui Minim Program, Pembangunan Lumbung Pangan Hasil Pokir Dewan

Uncategorized6 Dilihat

 

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Pembangunan gedung lumbung pangan dan lantai jemur dianggarkan Rp260 juta. Dana ratusan juta ini, dialokasikan ke kelompok tani (Poktan) Musyawarah Lima, Desa Karangetang, Kecamatan Kwanyar, Sampang. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bangkalan Ahmad Mustakim, Rabu (14/9/2022).

 

Menurutnya, program pembangunan itu merupakan aspirasi atau pokok pikiran (pokir) dewan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Bahkan hanya ada satu program untuk tahun ini dari pokir dewan yang dititipkan ke instansinya. Nantinya, gedung lumbung dan lantai jemur akan dimanfaatkan untuk penyimpanan dan penjemuran gabah milik petani.

 

“Khususnya yang tergabung dalam Poktan Musyawarah Lima itu. Setelah panen, ada tempat untuk penjemuran gabah dan penyimpanan gabah juga. Gabah basah dan gabah kering kan jauh selisih harganya, lebih mahal yang kering, jadi bisa lebih maksimal pendapatan petani,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Baca Juga :  Penentuan Pj Kades di Bangkalan Tunggu Putusan Bupati

 

Mantan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan tersebut mengaku, selalu menyampaikan kepada DPRD ketika hearing, agar ada kegiatan yang dititipkan di instansinya. Sebab, tidak dipungkiri instansi yang dipimpinnya sangat minim program. “Kami inginkan ada manfaat yang dirasakan masyarakat melalui kami. Kebetulan, masyarakat itu sedang membutuhkan lumbung dan lantai jemur,” jelasnya.

 

Sebenarnya, pembangunan gedung lumbung pangan dan lantai penjemuran itu bukan kali pertamanya. Sebab, tahun 2021 juga terdapat pokir yang sama. Meski begitu, ia menyadari bahwa keberadaan lumbung pangan masih belum merata di setiap kecamatan. “Tahun laku itu ada 1 pembangunan juga, kalau tidak salah di Arosbaya. Masih ada beberapa yang belum. Kalau jumlahnya kami tidak hafal, nanti kami tanyakan ke bidangnya, sekarang orangnya di lapangan,” tegasnya.

 

Reporter: Fathurrohman

 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *