DLH Sampang Getol Benahi Taman Demi Meningkatkan Kualitasnya

News31 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANGGuna mewujudkan kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau (RTH) di lingkungan Kabupaten Sampang, khususnya di kawasan taman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang getol laksanakan upaya pembenahan sarana prasana, sehingga taman menjadi indah dan nyaman.

DLH Sampang mencatat, terdapat 8 lokasi RTH taman yang tersebar di berbagai wilayah. Meliputi Taman Wiyata, Taman Monumen, taman SMK, taman Alun-Alun Trunojoyo, taman kota, taman GOR, taman turen/lansia dan Taman Bahagia.

Kepala DLH Sampang A. Faisol Ansori melalui Kabid Konservasi, Rehabilitasi Lingkungan dan Pertamanan Imam Irawan menuturkan, keberadaan RTH memiliki fungsi sebagai tutupan lahan yang bisa meningkatkan indeks kualitas udara dan lingkungan hidup masyarakat.

Alhasil, manakala semakin banyak ketersedian RTH itu, berarti semakin banyak menghasilkan oksigen, yang otomatis indek kualitas udara dan lingkungan hidup di wilayah itu diyakini menjadi terus. Maka keberataan RTH taman harus terus ditingkat jumlah dan fungsinya.

Baca Juga :  Desakan LSM Pakis agar Sekda Bangkalan Mundur Semakin Menguat

Untuk itu, pihaknya berjanji akan terus mengoptimalkan fungsi RTH taman.  Tidak hanya sebatas untuk meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup, melainkan juga upaya peningkatan sektor ekonomi masyarakat dan penguatan hubungan sosial antarmasyarakat.

“Kami komitmen untuk terus meningkatkan kualitas RTH. Jadi RTH ini tidak hanya berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan ruang terbuka, tetapi fungsinya lebih banyak, yakni sebagai destinasi rekreasi dan  intraksi kegiatan ekonomi,” tutur Irawan kepada Kabar Madura.

Dia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang memanfaatkan keberadaan RTH taman tersebut, agar dapat terus bersinergi dengan pemerintah. Artinya, warga juga memiliki peran penting dan harus berpartisipasi dalam menjaga dan merawat keberadaan sejumlah taman di daerah yang dikenal dengan slogan Kota Bahari tersebut.

“Harapan kami kepada masyarakat, ayo terus bersinergi, bersama-sama menjaga kebersihan dan ketertibandi lingkungan taman, demi terwujudnya Sampang Hebat Bermatabat,” harapnya.

Baca Juga :  Pamekasan UHC, Pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Capai Rp200 Miliar Lebih

8 TAMAN KOTA SAMPANG

  1. Taman Wiyata
  2. Taman Monumen
  3. Taman SMK
  4. Taman Alun-Alun Trunojoyo
  5. Taman Kota
  6. Taman GOR
  7. Taman Turen/Lansia
  8. Taman Bahagia

Reporter: Subhan 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *