DP3AP2KB Pamekasan Gandeng Muslimat NU Tingkatkan Kinerja Pengarusutamaan Gender

News142 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pamekasan menggandeng Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Pamkeasan dalam upaya meningkatkan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di wilayah setempat.

Kegiatan yang dipusatkan di Klinik Pratama Muslimat NU Pamekasan, Selasa (30/05/2023) itu, menghadirkan seluruh kader Muslimat NU hingga tingkatan ranting di Kabupaten Pamekasan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DP3AP2KB Pamekasan Hendarto menerangkan, kerja sama yang dilakukan antara instansinya dengan PC Muslimat NU Pamekasan sudah berlangsung sejak lama.

Hanya saja, lanjut Hendarto, pada kegiatan koordinasi dan sinkronisasi PUG tersebut, pihaknya ingin melibatkan seluruh kader PC Muslimat NU di Pamekasan untuk ikut serta melakukan sinkronisasi data dalam meningkatkan kinerja PUG.

Baca Juga:  Awali Tahun 2024, PC Muslimat NU Sumenep Gelar Khatmil Qur'an dan Tumpengan

“Dengan persamaan persepsi yang kita bangun bersama PC Muslimat NU, penguatan program PUG bisa ditingkatkan hingga ke tingkat bawah,” katanya, Selasa (30/05/2023).

Dijelaskan Hendarto, selain untuk mensosialisasikan kesetaraan gender kepada masyarakat Pamekasan, program PUG juga memiliki kesinambungan dengan pengendalian dan penanganan kasus pernikahan dini hingga stunting.

Oleh karenanya, pihaknya menganggap perlu keterlibatan seluruh elemen masyarakat di Pamekasan untuk ikut menekan angka pernikahan dini dan kasus stunting melalui program PUG tersebut.

Terlebih, ungkap Hendarto, sejauh ini PC Muslimat NU Pamekasan memiliki peran yang cukup besar dalam membantu DP3AP2KB Pamekasan dalam menekan kasus stunting di bumi Pamelingan ini.

“Penurunan angka stunting Pamekasan cukup besar, dari data tahun sebelumnya berada di angka 38,7 persen, saat ini menjadi 8,1 persen atau turun sebesar 30,6 persen kasus, ini tentu berkat dukungan semua elemen masyarakat,” terangnya.

Baca Juga:  Triwulan Pertama 2024, Tambal Sulam Jalan di Pamekasan Habiskan Rp180 Juta

Sementara itu, Ketua PC Muslimat NU Pamekasan Nyai Hj Mafrudah menjelaskan, sejauh ini pihaknya bersama seluruh kader Muslimat NU di Pamekasan terus mendukung program-program pemerintah, khususnya program kesetaraan gender dan perlindungan perempuan dan anak.

“Muslimat NU Pamekasan konsisten memperjuangkan hak-hak perempuan, bahkan melalui 415 majelis taklim yang tersebar di seluruh Pamekasan, pihaknya selalu mengadvokasi, mengedukasi dan memberikan informasi tentang kesetaraan gender atau PUG,” jelasnya.

Reporter: Miftahul Arifin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *