Eksistensi Forum Mahasiswa Madura di Jakarta, Menyatukan Diri sejak Awal Era Reformasi

News384 views

KABARMADURA.ID | Orang Madura identik dengan kisah menariknya. Mulai dari kisah inspiratif, hingga anekdot jenakanya. Tapi jangan salah, orang Madura juga memiliki citra positif di mata nasional. Salah satunya dengan berdirinya Forum Mahasiswa Madura (FORMAD) di Ibukota Jakarta.

ALI WAFA, DKI JAKARTA

Keberadaan FORMAD memberikan penegasan bahwa orang Madura tidak hanya memiliki etos kerja yang bagus. Orang Madura juga dapat sukses dalam kiprah akademiknya. Mahasiswa yang berasal dari Madura jumlahnya ribuan di Jakarta, karena itulah terbentuk FORMAD.

Waktu berdirinya, FORMAD cukup awal dalam perjalanan demokrasi. Forum ini dibentuk pada tahun 1998. Tahun di mana pengaruh mahasiswa sangat diperhitungkan di Tanah Air. Bahkan, FORMAD menjadi saksi nyata awal berjalannya reformasi di Republik Indonesia.

Baca Juga:  Dinilai Rugikan Masyarakat, DPRD Sampang Minta Pemkab Evaluasi Kapus Kedungdung

Sejak saat itu, FORMAD selalu eksis dalam membentuk pribadi mahasiswa Madura. Seluruh anggotanya dididik untuk membentuk pribadi yang cerdas, berkomitmen dan profesional. Etos kerja yang tertanam dalam diri orang Madura juga teraplikasi pada komitmen akademiknya.

“Di Jakarta itu mahasiswa Madura dikenal dengan komitmennya yang tinggi. Intelektualnya juga lumayan. Mampu bersaing dengan mahasiswa dari daerah lain, bahkan dengan yang dari Jakarta sekalipun,” ucap Ketua Umum FORMAD Ferdiansyah, Minggu (9/7/2023).

FORMAD menjadi wadah pengembangan intelektual bagi mahasiswa asal Madura. Mereka diajak dan dididik untuk memiliki wawasan yang luas. Kegiatan pengembangan intelektual sering sekali dilakukan. Mereka juga difasilitasi dengan pelatihan berbasis kompetensi.

Baca Juga:  Disdukcapil Sumenep Sajikan Program Jebol

Harapannya, mahasiswa Madura dapat menjadi generasi unggul yang mampu bersaing dalam segala bidang dengan mahasiswa dari daerah lain. FORMAD diharapkan mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional yang berpengaruh dalam segala bidang, baik politik, akademik, maupun ekonomi.

Atas dasar visi misi itulah, mahasiswa Madura yang berada di berbagai perguruan tinggi di Jakarta dihimpun agar menjadi satu. Mereka merapatkan barisan untuk menonjolkan sifat dan karakter positif orang Madura. Mereka dikades untuk menampilkan wajah terbaik Madura.

“Di sini kami menempa diri. Kesamaan daerah asal akan mempermudah penyatuan semangat untuk sama-sama belajar menjadi yang terbaik,” pungkas mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) itu.

Redaktur: Moh. Hasanuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *