Euforia Umrah dan Internalisasi Moderasi Beragama di MAN 2 Pamekasan

Pendidikan98 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Ramadan 1444 H tampaknya memberikan nuansa tersendiri bagi madrasah di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Salah satunya kegiatan Ramadan 1444 H di MAN 2 Pamekasan yang dikemas dengan diskusi tentang moderasi beragama beserta euforia umrah dan haji.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 27 Maret sampai 1 April 2023, dikemas dengan tajuk diskusi internalisasi moderasi beragama di madrasah. Ini sebagai bagian dari gerakan massif di tahun toleransi yang diimplementtasikan di madrasah tersebut.

Kepala MAN 2 Pamekasan Dr. Mohammad Holis mengungkapkan, kegiatan Ramadan kali ini sengaja dibuat dengan nuansa yang berbeda dengan kegiatan Ramadan sebelumnya. Hal itu tiada lain guna memberikan nuansa penguatan terhadap nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik.

Baca Juga:  Anggota DPRD Sumenep Meminta Agar Kegiatan Keagamaan Ditindak Lanjuti

Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik kelas X dan kelas XI MAN 2 Pamekasan dengan model shif ini, tambah Dr. Holis, sebagai bagian implementasi sub-tema dari moderasi beragama, yakni pertama, memberikan pemahaman tentang makna gender dalam konsep Islam; kedua, pemahaman tentang perundungan (bullying); ketiga, pemahaman tentang perbedaan firqoh dalam Islam.

“Dan yang keempat ialah pemahaman perbedaan keyakinan dalam beragama. tentu semua melihatnya dari konteks Islam,” ungkap Dr. Holis.

Di samping itu, ungkap alumnus Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu, ada materi yang menarik yang juga disampaikan kepada peserta didik, dalam rangka memberikan pemahaman dasar. Yakni, terjadinya euforia umrah yang disikapi dengan cara memberikan bekal materi taharah, sholat, wudlu, tawaf, dan lain-lain menurut pendapat imam mazhab yang empat.

Baca Juga:  Hadirkan Asesor dari LSP, MAN 2 Pamekasan Asah Keterampilan Siswa Kelas Akhir dengan UKK

“Sehingga, peserta didik dapat memahami perbedaan pandangan tentang ubudiyah yang terjadi di haramain saat melaksanakan ibadah haji dan imrah,” urai Dr. Holis.

Selanjutnya, Dr. Holis menyampaikan, kegiatan tersebut ditempatkan di Masjid Al-Islah MAN 2 Pamekasan. Tidak langsung berdiskusi, tetapi diawali dengan shalat Dluha dan tadarus Alqurn yang dipimpin oleh Ustaz Rifai dan seluruh guru agama MAN 2 Pamekasan. Sementarai itu, materi internalisasi moderasi beragama disampaikan oleh Ustaz Sa’roni.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *