Guru Besar IAIN Madura: Tugas dan Tanggung Jawab Guru Mengalami Pergeseran

Pendidikan23 views

KABAR MADURA | Guru Besar IAIN Madura Prof. Mohammad Kosim menyatakan, kini tugas dan tanggung jawab guru mengalami pergeseran, dari satu-satunya sumber menjadi salah satu sumber belajar.

Kendati demikian, menurut pria yang akrab disapa Prof. Kosim itu, kedudukan guru tetap tidak tergantikan. Meskipun banhyak pekerjaan lain telah diganti automasi, ujar mantan Rektor IAIN Madura itu, no teacher no education.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Dijelaskan, murid terbaik akan dilahirkan oleh guru terbaik, yakni guru yang kompeten dalam aspek akademis, pedagogis, dan personalitas.

Menurutnya, guru terbaik dihasilkan oleh sistem pendidikan guru terbaik, yang calon mahasiswanya diseleksi ketat agar mendapat input terbaik, proses pendidikannya berbasis asrama, dan lulusannya berikatan dinas agar lulusan-lulusan sekolah terbaik mendaftar ke Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Baca Juga:  UTM Bersaing dengan Kampus Ternama dalam Pengembangn Potensi Garam

“Sistem pendidikan guru terbaik ini pernah dipraktikkan di masa penjajahan Belanda dan di awal kemerdekaan, di mana jumlah sekolah guru dibatasi, calon siswa diseleksi ketat, selama pendidikan di tempatkan di asrama, dalulusannya berikatan dinas,” ungkap Wakil Ketua PCNU Pamekasan itu.

Setelah itu, kata Prof. Kosim, sistem pendidikan guru cenderung mengabaikan kualitas untuk mengejar kuantitas seiring banyaknya kebutuhan guru dalam waktu cepat. Tapi, setelah kebutuhan guru terpenuhi, LPTK tetap menyiapkan calon guru tanpa kendali.

“Sehingga lulusannya oversupply dengan kualitas rata-rata rendah. Maka, Prof. Kosim menyimpulkan sudah waktunya LPTK mengedepankan kualitas untuk menghasilkan calon guru terbaik, agar anak-anak mendapat kesempatan untuk belajar kepada guru-guru terbaik.

Baca Juga:  Pagu PPDB SMA-SMK di Sampang Stagnan

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *