Hairul Anam: Kabar Madura adalah Etalase Informasi Mengawal Madura 

Headline, News211 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Harian Pagi Kabar Madura menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-11 dengan cara menggelar istigasah, Kamis (1/6/2023). Acara yang digelar di Grha Voice of Madura, Jalan Raya Panglegur Pamekasan tersebut juga diselipkan dengan bakti sosial berupa pemberian santunan kepada 11 anak yatim. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris  Daerah (Sekda) Pamekasan Masrukin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Halili, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mohammad Halili, dan beberapa undangan dari pengusaha sampai praktisi pendidikan. 

Perayaan yang mengambil tema “Sebelas Tahun Mengawal Madura”  tersebut, bertambah khidmat setelah Direktur Utama (Dirut) Kabar Madura (KM) Group Hairul Anam memotong tumpeng yang secara khusus diberikan kepada Sekda Pamekasan Masrukin.

Kemudian Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Pagi Kabar Madura Wawan Awalluddin Husna memberikan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Pamekasan Halili. 

Tidak cukup itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam juga memberikan surprise dengan memberikan tumpeng melalui Sekda Pamekasan Masrukin. Potongan pertama pun diberikan kepada Dirut KM Group Hairul Anam. 

Baca Juga:  Anggaran Wajib Diniyah Sumenep Berkurang Separuh di 2024

Dirut KM Group Hairul Anam menyampaikan, berdirinya harian Kabar Madura pada 1 Juni Tahun 2012 menjadi bagian penting untuk mengenalkan Madura ke berbagai belahan dunia. Tentunya melalui potret informasi yang edukatif dan berpijak pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Undang-Undang Pers, dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). 

“Kami pastikan produk jurnalistik yang dilahirkan betul-betul berpijak pada KEJ, betu-betul berpijak pada Undang Undang Pers, dan PPRA,” paparnya. 

Lulusan Magister Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura itu lalu mengurai riwayat berdirinya Harian Kabar Madura diinisiasi oleh Prof. Dr Achsanul Qosasi dan Kholili Ilyas.  Pada 2012, Kabar Madura memulai penerbitan dengan berkantor di Surabaya, ditambah empat kantor biro di Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Sejak tahun 2018, Kabar Madura kemudian memusatkan kantornya di Pamekasan. Dalam perjalanannya, Kabar Madura berekspansi dengan mendirikan media daring bernama Kabarmadura.id. 

Dua tahun setelahnya, juga mulai mengembangkan kanal Youtube bernama KMAvis, saat ini mulai bertransformasi menjadi TV Digital dengan nama K TV. Kemudian pada November 2022, mengembangkan jangkauan pemberitaan dengan mengaktifkan situs berita daring Mediajatim.com. 

Baca Juga:  KPU Pamekasan Pastikan Realisasi Pembangunan Kantor Baru Tahun 2024

“Kami sudah mengakuisisi saham PT Karisma TV di Jakarta dan sekarang sudah menjadi K TV,” urainya.  

Sosok yang saat ini menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Pamekasan itu sangat bersyukur atas berbagai capaian yang telah diraih oleh KM Group, utamanya dalam memberikan informasi yang mencerdaskan dan berdedikasi untuk kemajuan Madura.

Sementara itu, Exco KUP Pojur Zia Ul Haq menyampaikan, keberadaan Kabar Madura dalam merawat berbagai budaya melalui penyebaran informasi yang akurat sangatlah penting, supaya para generasi lintas dekade bisa mampu melestarikan berbagai budaya dan tradisi baik yang selama ini telah berlangsung lama di pulau garam. 

“Jadi secara konsisten KM bisa menyajikan informasi tentang budaya yang mencitrakan Madura, agar para generasi tidak melupakan budaya yang dimiliki,” ungkap komisaris PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) itu, induk perusahaan yang mengelola Kabar Madura. 

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *