Hasil Tes CASN di Pamekasan Dirahasiakan Sementara

News35 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Hingga saat ini hasil seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) belum bisa diinformasikan secara terbuka. Sebab khusus pengumumannya direncanakan serentak atau secara nasional. Bahkan untuk rentan waktunya mulai 6 Desember hingga 15 Desember. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan Saudi Rahman, Rabu (6/12)2023).

Menurutnya, hasil seleksi CASN berbasis Computer Assisted Test (CAT) di daerah lain belum tentu tuntas. Sedangkan di Pamekasan seleksi tersebut sudah selesai. Secara umum, keputusan pengumuman dari hasil seleksi CAT CASN berdasarkan keputusan panitia seleksi nasional (panselnas). Sedangkan panitia seleksi daerah (panselda) hanya fokus pada urusan teknis ketika pelaksanaan CAT berlangsung.

Baca Juga:  Lakukan Penertiban, Satpol PP Pamekasan Amankan Puluhan Gerobak PKL

“Karena ini nasional, berarti secara nasional kalau tuntas ujiannya baru diumumkan, tapi yang pasti mulai tanggal 6 Desember hingga 12 Desember, Insya Allah tidak bergeser,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Pihaknya menuturkan, tahapan formasi seleksi jalur khusus di daerah tidak menerapkan passing grade. Apalagi untuk calon yang sudah masuk sebagai tenaga honorer kategori dua (K2). Mereka akan menjadi prioritas. Namun bagi peserta dari luar daerah dengan formasi yang dibuka tetap menerapkan passing grade. Secara keseluruhan, para calon berasal dari daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam.

“Untuk yang daerah, itu mengutamakan mereka yang  benar-benar bekerja di daerah tersebut, jadi kalau misalnya ada dari luar Pamekasan, maka  peserta dari Pamekasan yang diprioritaskan,  sebanyak 80 persen formasinya, selebihnya pendaftar umum dari luar Pamekasan,” tuturnya.

Baca Juga:  Meski Minim Anggaran, KONI Pamekasan Siapkan Bonus Rp25 Juta bagi Peraih Medali Emas Porprov Jatim 2023

Secara terperinci, untuk jalur khusus berbasis pada nilai saat tes, baik tes tulis maupun wawancara. Sehingga bagi mereka yang mendapatkan nilai tertinggi, maka secara otomatis akan diterima sebagai ASN.  Untuk diketahui, terdapat 2.379 calon yang mengikuti tes dari tiga formasi yang dibutuhkan Pemkab Pamekasan.

“ Dari sejumlah itu ada 16 orang yang tidak hadir pada tes CAT,” tegasnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *