Ikatan Alumni Unitomo Kalimantan Selatan Terbentuk

News27 Dilihat

KABARMADURA.ID | KOTABARU-Bertempat di Grand Surya Hotel, Kotabaru, Ikatan Alumni Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Ika Unitomo) Wilayah Kalimantan Selatan resmi terbentuk pada 9 Januari 2023. Dr. Syamsul Adha, M.Si. disepakati menjadi Koordinator Ika Unitomo Wilayah Kalimantan Selatan didampingi Dr. M. Jahri, M.Si. sebagai Sekretaris dan H. Abdul Kadir, S.Sos., M.AP. sebagai Bendahara.

Dr. Syamsul Adha, M.Si. mengungkapkan, awal terbentuknya Ika Unitomo bermula dari kunjungan tim monitoring dan evaluasi pariwisata dari Unitomo ke Kabupaten Kotabaru. Mendengar informasi kunjungan tersebut, H. Abdul Kadir, S.Sos., M.AP. yang merupakan salah satu alumni Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unitomo dan juga mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kotabaru turut menyambut saat kunjungan di Pantai Gedambaan.

Dekan FIA Unitomo, Dr. Hendro Wardhono, M.Si. pun menindaklanjuti pertemuan dengan H. Abdul Kadir, S.Sos., M.Si. dengan meminta untuk mengumpulkan sejumlah alumni dalam acara singkat temu alumni FIA bersama Dekan FIA Unitomo di Grand Surya Hotel. Dari pertemuan tersebut diketahui jika jumlah alumni Unitomo di Kalimantan Selatan berjumlah lebih dari 100 orang.

Baca Juga :  Terinspirasi dari Konten YouTube Truk Oleng, Raup Puluhan Juta dalam Sepekan

Sebagian besar alumni Unitomo di Kalimantan Selatan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menduduki jabatan strategis di lingkungan pemerintahan. Salah satunya Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Drs. Said Akhmad, M.M., yang merupakan alumnus Magister Manajemen Unitomo Surabaya.

Selain menyepakati terbentuknya Ika Unitomo Wilayah Kalimantan Selatan, dalam diskusi acara Temu Alumni FIA, Koordinator Ika Unitomo, Dr. Syamsul Adha, M.Si., yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru bersama Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Unitomo berencana menggelar pelatihan kebencanaan di Kabupaten Kotabaru, pengembangan Program Masjid Kokoh dan Tangguh Bencana (MAKTAB), dan membangun Instalasi Pemanen Air Hujan (IPAH).

Di sisi lain, menggeliatnya pariwisata di Kabupaten Kotabaru di bawah kepemimpinan Bupati H. Sayed Jafar Alaydrus, S.H., perlu dibarengi dengan sejumlah aturan-aturan hukum yang bisa menjadi pedoman pelaksanaan dan pengembangan kepariwisataan. Unitomo melalui Fakultas Hukum juga menyiapkan kerjasama berupa pemberian sejumlah saran dan masukan terkait pembuatan sejumlah Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kotabaru tentang pariwisata dan perlindungan wisatawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *