Kafilah Sumenep Rebut Juara di Enam Cabang Lomba MTQ Jatim 2023

News156 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Sekitar enam cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran Jawa Timur (MTQ Jatim) 2023 dari kafilah Sumenep, sukses lolos final dan meraih gelar juara. 

MTQ Jatim tahun ini diadakan di Kota Pasuruan. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Setkab Sumenep Kamiluddin menyampaikan, keberhasilan itu merupakan kerja keras para peserta dan juga para pendampingnya.

“Dan kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Sumenep (Achmad Fauzi Wongsojudo) yang telah mendukung dari awal,” kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras semua pihak, baik Pemkab Sumenep maupun pembina. Karena telah berperan aktif sejak seleksi kabupatenhingga pendampingan lomba di Kota Pasuruan. 

Selain itu, kata dia, kualitas sumber daya manusia (SDM) para peserta MTQ juga sangat menentukan keberhasilan kali ini.

Menurutnya, persiapan secara lahir dan batin telah dilakukan oleh kafilah Sumenep dalam menghadapi MTQ Jatim 2023. Seperti pembinaan, istigazah dan beberapa hal lain guna meminta pertolongan, serta semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.  

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Gelar Diklat Persiapkan Kafilah Unggul di MTQ Jatim

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh seluruh tahap pelaksanaan MTQ ini,” imbuhnya. 

Dia juga mengungkapkan bahwa perolehan juara MTQ tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.  Untuk itu, ke depan pihaknya berkomitmen akan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih tersebut.  

Salah satunya, dengan melakukan tahapan seleksi lebih ketat, guna mendapatkan bibit-bibit peserta MTQ berkualitas, yang siap bertanding baik secara mental maupun intelektual. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya kembali menekankan bahwa MTQ tidak hanya sekedar perlombaan semata, namun juga harus dijadikan sebagai sarana menumbuhkan dan menyebarluaskan kecintaan terhadap Al-Qur’an.  

“Semoga ke depan Sumenep bisa terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang didapatkan. Tentunya, ini bukan sekadar lomba, tapi juga menjadi cara agar kita bisa menyebarluaskan kecintaan terhadap Al-Quran, sehingga bisa mendapatkan barokahnya,” paparnya.

Baca Juga:  Meski Sudah Turun Hujan, Disperta KP Sampang Minta Petani Tidak Gegabah Menanam

Sekadar diketahui, cabang lomba yang meraih juara itu antara lain, juara 1 tilawah dewasa putra atas nama Abdul Jalil. Kemudian Hairur Rafiki meraih juara 2 qiraat sab’ah murattal dewasa dan Dina Maya Shafa yang menyabet juara 2 cabang tilawah anak-anak putri. 

Sementara, dari cabang musabaqah fahmil quran (MFQ) putra, yang berhasil meraih juara antara lain A Syukron Khairul Anwar Syuaidi, Ach. Hariri, dan Mirza Ghulam. 

Selanjutnya, MFQ putri dengan peserta atas nama Wafiqatun Nuraniyyah, Nur Diana Alisa Rahma dan Fitriyah Hanun, juga diketahui mendapatkan posisi di juara kedua.  

Tak hanya itu, Izzah Atqan Nisa’ Zaen dari cabang musabaqah hifdzil quran (MHQ) juga berhasil berada di harapan 2. Terakhir ada Moh Fadlurrahman yang meraih juara harapan 3 karya tulis ilmiah Al-Qu’ran (KTIQ).

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *