Kerapan Sapi Madura Tarik Perhatian Konsulat Jepang

News74 views

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Perebutan gelar juara Kerapan Sapi Piala Presiden ke-21 2023 berjalan sengit dan memukau penonton.

Sebanyak 24 pasang sapi perwakilan empat kabupaten se-Madura saling adu kecepatan. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kegiatan yang berlangsung di Stadion Karapan Sapi R.P. Moh Noer, Banhkalan, Minggu (8/10/2023).

Pagelaran ajang budaya asli Madura itu juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi (Harjad) Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-78.

“Kegiatan karapan sapi bertajuk Piala Presiden ini juga merupakan rangkaian kegiatan peringatan Harjad Pemprov Jatim ke-78,” demikian disampaikan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan Sufi Agustini, Minggu (8/9/2023).

Dalam Karapan Sapi Piala Presiden 2023 itu, 24 pasang sapi yang bertanding merupakan peserta grand final hasil seleksi di setiap kabupaten di Madura sebelumnya. Masing-masing kabupaten diambil 3 pemenang golongan atas dan 3 pemenang golongan bawah. Kabupaten tersebut antara lain, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Baca Juga:  Capaian 2023 Melambung Tinggi, Target Investasi 2024 di Pamekasan Jadi Rp100 Miliar

“Event ini juga untuk memberikan peluang bagi pelaku bisnis dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Madura melalui kegiatan seni budaya,” ungkap Sufi Agustini, Minggu (08/10/2023).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jatim Adhy Karyono mengatakan, kegiatan karapan sapi tidak hanya menjadi bukti adanya tradisi dan budaya, tetapi juga untuk mengangkat harkat martabat para pemilik sapi karapan se-Madura.

Selain untuk terus menjaga dan melestarikan budaya, Pemprov Jatim juga ingin karapan sapi ini menjadi ajang bergengsi, baik nasional, bahkan internasional.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, penyelenggaraan Karapan Sapi Piala Presiden juga turut berkembang setiap tahunnya. Sehingga hal tersebut memicu ketertarikan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk datang melihatnya.

Baca Juga:  Tidak Melaksanakan RAT, Ribuan Koperasi di Sumenep Berpotensi Dicoret

Karapan Sapi Madura juga diakui telah menjadi bagian dalam event pariwisata Jatim, yang promosinya dilakukan di tingkat nasional hingga internasional.

Bahkan, pada perhelatan tahun ini, hadir dari perwakilan konsulat Jepang yang datang langsung untuk menyaksikan Karapan Sapi Piala Presiden yang dihelat di Kabupaten Bangkalan. 

“Karapan Sapi bukan hanya sekedar event tahunan, tapi juga merupakan budaya luhur yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Madura dan Jawa Timur secara umum,” tegas Adhy Karyono.

Pewarta: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *