Khotibul Mahbub: IKBAS PPMU Dedikasikan Kemanfaatan

Uncategorized22 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pengurus Ikatan Keluarga Besar Alumni dan Simpatisan (IKBAS) Pondok Pesantren Miftul Ulum (PPMU) Penyappen Palengaan Pamekasan periode 2021-2026 resmi dibaiat atau dikukuhkan. Pembaiatan dilakukan Pengasuh PPMU RKH Moh. Mudastsir Badruddin, Sabtu (15/10/2022).

 

Kegiatan yang dikemas dalam Reuni III itu mengambil tema Rindu Masyayikh. Dihadiri sekitar 29.357 alumni yang berasal dari seluruh penjuru negeri. Bahkan, dihadiri pengurus IKBAS dari Malaysia dan berdomisili di Arab Saudi.

 

Menurut Ketua IKBAS PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan Khotibul Mahbub, komitmen untuk mendedikasikan kemanfaatan kepada umat menjadi prioritas utama, tentunya sesuai dengan tugas yang sudah diatur secara khusus. Namun, secara prinsip, persoalan keumatan harus yang paling utama.

 

“Kami sudah dilantik dan dibaiat. Kami dibaiat seakan-akan dilihat oleh Allah. IKBAS ini sudah berusia 29 tahun, jadi perjuangannya sudah jelas,” kata Khotibul Mahbub kepada Kabar Madura seusai acara, Sabtu (15/10/2022).

Baca Juga :  East Anniversary Traditions

 

Dia mengutarakan, dari sisi pengabdian kepada masyarakat sudah sering dilakukan. Mulai dari santunan anak yatim dan benacana sosial. Eksistensinya sudah tidak diragukan lagi. Sebab, dari setiap daerah sudah secara terorganisir ada yang menjadi representasi.

 

“Secara tertulis memang ada sudah terprogram berbagai kerja-kerja nyata kepada masyarakat dan biasa diatensikan ketika pertemuan bulanan dan pertemuan mingguan di majelis pengurus cabang (MPC) masing-masing,” ulas Khotib.

 

Khotib menjelaskan, sebelum dilantik menjadi pengurus, para pengurus melakukan rapat kerja terlebih dahulu. Salah satu yang ingin dibangun ialah penguatan ekonomi keumatan. Hal itu dilakukan dengan konsep pengembangan koperasi dan toko yang dikelolola secara khusus. Sehingga berdampak pada penguatan perekonomian.

 

Pelaksanaan rapat kerja dilakukan pada Jum’at (14/10/2022) di PPMU Panyeppen. Dihadiri oleh pengurus pusat, 24 majelis pengurus wilayah, dan pengurus wilayah istimewa Malaysia dan Arab Saudi.

Baca Juga :  Sudah Turun Hujan, Gudang Tembakau Hanya Beli Mutu yang Diinginkan

 

“Pengabdian kepada pesantren itu keharusan. Di samping ada pengabdian kepada pesantren, harus bermanfaat kepada umat, karena khairunnas anfauhum linnas,” urainya.

 

Sementara itu, Pengasuh PPMU Panyeppen Palenggaan Pamekasan RKH. Moh Muddastsir Baddrudin menyampaikan, para pengurus yang sudah dilantik diharapkan mampu mengemban amanah yang telah diberikan, utamanya dalam berdedikasi kepada ummat dan pesantren.

 

“Saya minta untuk ikhlas mengabdi kepada agama, bangsa dan negara,” pungkas Khotib.

 

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *