KNPI Sampang Resmikan PSM, Koperasi Pertama yang Digagas Pemuda

Uncategorized12 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sampang meresmikan Koperasi Pemuda Sampang Mandiri (PSM), Senin (10/10/2022). Kantor koperasi PSM berada di Jalan Trunojoyo Nomor 9, Kelurahan Rong Tangah, Sampang.

 

Koperasi yang diinisiasi oleh para pemuda KNPI itu diresmikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sampang Abdullah Hidayat. Prosesi launching berlangsung meriah lantaran tanggal peresmiannya bertepatan dengan hari ulang tahun Abdullah Hidayat ke-38. Yakni tanggal 10 Oktober.

 

Ketua KNPI Sampang Nurul Huda menyampaikan, selama dua bulan terakhir, pihaknya bekerja keras menyiapkan segala macam persyaratan untuk pendirian koperasi. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengalir, hingga difasilitasi gedung untuk kantor PSM.

 

“Koperasi ini adalah wadah bagi para pemuda di Kabupaten Sampang. Pembentukan koperasi ini murni inisiatif pemuda KNPI Sampang,” ujar Huda penuh bangga.

 

Huda menjelaskan, peresmian koperasi PSM merupakan wujud dari visi dan misinya sebagai ketua KNPI. Yakni mendorong kemandirian pemuda Sampang. Baik Mandiri secara organisasi, maupun mandiri secara ekonomi. Perlahan, visi misinya itu akhirnya terwujud.

Baca Juga :  Lahan Calon Kantor DPRD Sumenep Mulai Ditimbun, Didanai Rp1,1 Miliar

 

Setelah diresmikannya koperasi PSM, Huda mendorong seluruh pemuda di Kabupaten Sampang untuk mengembangkan potensi dan skill di bidang wirausaha. KNPI Sampang akan membantu menghidupkan rintisan bisnis yang dibangun oleh para pemuda.

 

“Kami akan memfasilitasi dalam hal permodalan. Bahkan akan kami fasilitasi hingga tahap pemasaran,” imbuhnya.

 

Dijelaskan Huda, koperasi PSM memiliki unit usaha berupa swalayan yang berada di Jalan Bahagia, Sampang. Sebelum koperasi PSM diresmikan, telah ada 38 anggota simpan pokok khusus (SPK). Mereka antara lain wabup beserta istri dan kepala desa (kades) Jelgung.

 

Huda optimistis, koperasi PSM akan berkembang dan mampu bersaing dengan koperasi lain yang lebih dulu berdiri. Sebab, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh koperasi PSM kepada masyarakat Sampang, terutama kepada pemuda.

 

“Kami yakin koperasi ini akan berkembang pesat dan mampu bersaing dengan koperasi lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Soal Tarif Rp7,5 Juta Jadi Panwascam, Bawaslu Pamekasan Belum Siap Beri Klarifikasi!

 

Pada kesempatan yang sama, Wabup Sampang Abdullah Hidayat berharap, Koperasi PSM terus berkembang dan memiliki banyak anggota. Sebab menurutnya, kemajuan koperasi akan berdampak baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sampang.

 

“Pertama, koperasi untuk kesejahteraan anggota. Setelah anggotanya sejahtera, baru untuk masyarakat. Insyaallah koperasi ini bisa menjadi hebat dan bermartabat,” ungkap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, Senin (10/10/2022).

 

Reporter: Ali Wafa

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *