Manfaatkan Potensi Alam, BUMDes Ala Musim Kembangkan Wisata Bumi Perkemahan

Uncategorized36 Dilihat

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pengembangan wisata menjadi tren bisnis pilihan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Bangkalan. Tidak terkecuali BUMDes Alas Musim Desa Alas Rajah, Kecamatan Blega, yang kini tengah mengembangkan wisata berbasis alam sebagai lahan penghasilannya.

 

Direktur BUMDes Alas Musim Desa Alas Rajah Muhari Aqil Salman menuturkan, pihaknya tengah berupaya mengembangkan destinasi wisata alam yang menjadi unggulan desanya. Seperti halnya wisata bumi perkemahan yang dinilai sangat potensial apabila dikembangkan.

 

“Di Desa kami itu ada lima bukit yang terlihat dari satu titik. Kami menilai sangat cocok untuk Bumi Perkemahan, tidak kalah saing dengan wisata alam di wilayah yang sering dikunjungi pecinta alam di beberapa wilayah di Jawa Timur,” ungkapnya pada Kabar Madura, Selasa (4/10/2022).

 

 

 

Wisata bertemakan alam tersebut mulai dikembangkannya beberapa bulan terakhir. Terhitung sudah empat bulan dibuka untuk masyarakat umum. Pihaknya mengaku bekerja sama dengan Institut Teknologi Nasional Malang untuk konsep wisatanya.

Baca Juga :  Gelar Prosesi Arya Wiraraja, Pawai Budaya, dan Persembahkan Predikat UHC untuk Masyarakat Sumenep

 

Menurutnya, wisata Bumi Perkemahan menjadi satu-satunya di Bangkalan. Sehingga, dia sangat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melirik untuk ikut mengelola dan mengembangkannya.

 

Tak hanya wisata bumi perkemahan saja yang ingin digalakkan, melainkan wisata edukasi pertanian juga ingin dikembangkannya. Sebab, secara potensi, Desa Alas Rajah memiliki lahan pertanian luas dan hasil tani yang bagus.

 

“Ada potensi wisata edukasi pertanian juga. Hasil pertanian khususnya jagung sangat bagus di sini. Jadi sambil garap wisata Bumi Perkemahan, juga memulai wisata edukasi pertanian jagung hasil pertanian masyarakat sekitar,” pungkasnya.

 

 

 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *