Masa Perpanjangan Pendaftaran Calon Anggota PPS Berakhir, 35 Desa di Pamekasan Belum Penuhi Kuota

News, Pemilu, Politik23 views

KABAR MADURA | Masa pendaftaran calon panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 sudah selesai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menyebutkan ada 55 desa yang pendaftarnya tidak memenuhi target dua kali kebutuhan, sehingga harus dilakukan perpanjangan pendaftaran.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Pamekasan Yudha mengatakan, masa rekrutmen calon anggota PPS dibuka sejak tanggal 2 hingga 8 Mei 2024. Dia menegaskan, untuk memenuhi ketentuan yang berlaku, sedikitnya harus ada enam pendaftar di setiap desa atau dua kali dari kebutuhan.

Baca Juga:  Pasangan AMIN Kesulitan Izin Tempat Kampanye di Pamekasan

“Sebelum dilakukan masa perpanjangan, ada sekitar 55 desa yang tidak sesuai ketentuan,” katanya, Minggu (12/5/2024).

Sebab itu, pihaknya memutuskan melakukan perpanjangan masa pendaftaran untuk 55 desa tersebut. Namun, meski sudah dilakukan perpanjangan pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2024, masih ada 35 desa yang tidak memenuhi kuota. Rinciannya, 33 desa mayoritas pendaftarnya antara 4 dan 5 orang. Sementara di dua desa sisanya hanya ada 3 pendaftar.

Maka terkait hal itu, Yudha menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur. Hasilnya tidak perlu melakukan masa perpanjangan kembali.

Baca Juga:  1.000 Lebih Pengurus ISNU se-Jatim Berkumpul, Kuatkan Jihad NU ke Depan

“Dari semua pendaftar, kami sampaikan ke KPU Jatim, dan alhamdulillah dinyatakan untuk dilanjut ke tahapan berikutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yudha menjelaskan, jika saat pelaksanaan pilkada nantinya ada anggota PPS yang memundurkan diri di desa yang pendaftarnya minim, maka pihaknya akan menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU pusat untuk penggantinya.

“Untuk selanjutnya jika terjadi kendala, kami masih menunggu juknis lanjutan dari KPU,” tegasnya.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *