Monitoring Simpati Lansia, Dinsos Pamekasan Pastikan Penyediaan Makanan Lansia sesuai Regulasi

Uncategorized168 views
Banner Iklan

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan melakukan monitoring terhadap program Simpati Lansia di Desa Pangorayan, Kecamatan Proppo, Selasa (18/10/2022). Monitoring itu dilakukan untuk memastikan realisasi program tersebut tepat sasaran dan sesuai regulasi yang berlaku.

 

Banner Iklan

Kepala Dinsos Pamekasan Moh. Tarsun mengatakan, monitoring itu untuk memastikan asupan nutrisi terjaga. Terlebih, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk memastikan hal itu terlaksana dengan baik. Selain itu, untuk memastikan penyajian makanan yang akan diberikan.

 

Kemudian memastikan penyedia makanan menyediakan sesuai dengan regulasi yang ada. Tidak hanya itu, pihaknya juga harus memeriksa secara langsung terkait kondisi lansia yang bersangkutan.

Baca Juga:  P4TM Minta Pemkab Hapus Klausul Pengambilan 1 Kilogram Sampel Tembakau pada Perda 2 Tahun 2022

 

“Bantuan lain juga kami berikan kalau misal rumah yang ditempati sudak layak dihuni dan pemberian uang,” ungkap Tarsun.

 

Program Simpati Lansia memiliki tujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar para lansia sebatang kara di Pamekasan. Seperti kebutuhan makan dan minum yang diberikan sehari dua kali.

 

Menurutnya, langkah itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam memberikan perhatian kepada lansia tetap mendapat asupan nutrisi yang terjaga.

 

Sedangkan untuk memastikan penyajian makanan, Dinsos Pamekasan menggandeng Dinas Kesehatan Pamekasan untuk megontrol secara langsung terkait kelayakan gizi dan lain sebagainya.

 

Bantuan itu diprioritaskan kepada lansia sebatang kara yang sudah tidak memiliki keluarga sama sekali. Dalam program tersebut, terdapat 400 lansia yang dijamin menu makanannya setiap hari.

Baca Juga:  Unggul 13 Suara, Maltuful Anam Gantikan Syafiuddin Jadi Ketua GP Ansor Pamekasan 2022-2026

 

Kendati jumlah lansia yang terdata sebanyak 655, Tarsun menegaskan, tetap berkomitmen untuk memberikan kesejahteraan hidup yang layak bagi penerima pemanfaatan bantuan tersebut. Harapannya, seluruh pendamping dan penyedia makanan harus tetap konsisten dalam memberikan makanan, baik dari segi kualitas, kuantitas ataupun jadwal pemberian makanan yang tepat.

 

“Diharapkan masyarakat untuk segera melapor apabila ada warga yang benar-benar mebutuhkan bantuan, untuk kami data,” ungkapnya.

 

Reporter: KM65

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *