Mudahkan Layanan Kependudukan Disdukcapil Sumenep Sediakan Mobil Siaga 

News107 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Guna memaksimalkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep kembali melakukan jemput bola untuk membantu pengurusan dokumen kependudukan ke desa-desa dengan menyediakan unit mobil pelayanan keliling.

Kepala Disdukcapil Sumenep Sahwan Efendi mengatakan, layanan kependudukan saat ini sudah menggunakan mobil biasa, tentu adanya mobil layanan ini dapat lebih maksimal untuk dokumentasi kependudukan. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Layanan mobil itu untuk perekaman dan pencetakan sehingga masyarakat lebih mudah. Bagi yang tidak sempat datang ke kecamatan, MPP. Di desa sebenarnya sudah bisa, kecuali KTP dan KIA,” kata dia. 

Dia juga menjelaskan, pelayanan keliling ini merupakan bagian dari agenda rutin sesuai dengan tagline Bismillah Melayani. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dan efisien dalam mengurus dokumen kependudukan serta arsip catatan sipil.  

Baca Juga:  Pelayanan PDAM Trunojoyo Kerap Dikeluhkan, Ternyata Jadi Sarang Oknum Nakal

Mobil siaga itu siap dipanggil ke setiap daerah di ujung timur Pulau Madura, terlebih di daratan, juga akan ikut ketika ada kunjungan bupati ke daerah-daerah di Sumenep. Sehingga itu bisa dengan mudah untuk mengurus kependudukan. 

“Kan ketika pak bupati kunjungan pasti banyak orang, maka kami bakal ikut, barangkali ada yang membutuhkan,” imbuhnya. 

Sahwan menyebutkan, jenis pelayanan pada kegiatan ini yaitu pembuatan akta kelahiran, akta kematian, pencetakan kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA) dan pembuatan identitas kependudukan digital (IKD).  

Masyarakat yang ingin mengurus dokumen tersebut, lanjut dia, cukup mendatangi petugas Disdukcapil Sumenep yang bawa unit mobil pelayanan itu nantinya. 

Baca Juga:  Nol Bantuan Khusus Nelayan di Pamekasan

Semenjak itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Disdukcapil Sumenep. Pelayanan keliling tersebut menurutnya, memudahkan masyarakat pedesaan, terutama warga yang bekerja sebagai petani dan pedagang terbantu dalam mengurus dokumen kependudukan keluarga.  

“Dengan hadirnya pelayanan keliling ini, masyarakat desa yang tadinya belum mempunyai dokumen kependudukan ini membantu sekali warga untuk keperluan lainnya, berangkat umrah misalnya,” paparnya. 

Bupati dengan sapaan Cak Fauzi itu meminta kepada seluruh kepala desa untuk menginformasikan kepada warga lainnya yang belum melengkapi dokumen kependudukan, agar segera mendatangi kegiatan pelayanan keliling tersebut.  

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *