Muharram Dinyatakan Gugur dari Seleksi Sekda Pamekasan

News15 Dilihat

KABARMADURA.ID| PAMEKASAN-Setelah masuk tahap uji kompetensi, satu dari 8 calon sekretaris daerah (sekda) Pamekasan dinyatakan gugur. Calon tersebut adalah Muharram yang saat ini menjabat kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pamekasan.  Penyebabnya, Muharram absen saat proses uji kompetensi.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sedang membuka rekrutmen sekda setelah terjadi mutasi pejabat sebelumnya pada November 2022 lalu.

Menurut Ketua Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekda, Saudi Rahman, tes selanjutnya adalah penilaian kompetensi bidang. Penilaian itu meliputi pembuatan makalah dan wawancara teknis. 

“Waktu uji kompetensi, Pak Muharram tidak hadir, jadi tersisa 7 orang yang akan melanjutkan proses. Sebenarnya ada waktu untuk ikut tes susulan, tetapi kan tidak mungkin, hari Sabtu dan Minggu libur, proses tes selanjutnya hari Senin kan dimulai,” paparnya, Minggu (8/1/2023).

Kemudian tujuh orang yang lolos ke tahapan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Pamekasan Sigit Priyono, Sekretaris DPRD Pamekasan Masrukin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Pamekasan Sahrul Munir, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Amin Jabir, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan Basri Yulianto, dan Kepala Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bappeda) Pamekasan Taufikurrachman.

Baca Juga :  Sinergi Pemkab Pamekasan dengan BPJS Ketenagakerjaan: Ribuan Guru Ngaji Dapat Jamsostek

Lebih lanjut Saudi menjelaskan, untuk tes selanjutnya masih ada empat tahapan. Tahapan terakhir akan menghasilkan tiga orang terbaik. Kemudian dari tiga orang itu akan dipilih salah satunya oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

“Tiga orang tersebut, salah satunya akan dipilih oleh bupati, artinya tidak ada urutan nilai, jadi semuanya layak. Karena sudah memenuhi syarat secara administrasi, secara kompetensi teknis, manajerial, penguasaan bidang, dan sudah terseleksi,” ujarnya.

SELEKSI SEKDA PAMEKASAN

PESERTA 

  1. Muharram: kepala DPRKP Pamekasan
  2. Akhmad Zaini: kepala Disdikbud Pamekasan
  3. Sigit Priyono: Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Pamekasan
  4. Masrukin: sekretaris DPRD Pamekasan
  5. Sahrul Munir: kepala BPKPD Pamekasan
  6. Amin Jabir: kepala BPBD Pamekasan
  7. Basri Yulianto: kepala Dishub Pamekasan
  8. Taufikurrachman: kepala Bappeda Pamekasan 

FAKTA-FAKTA

  • Muharram absen saat proses uji kompetensi
  • Tidak memungkinkan ikut susulan, karena libur
  • Tersisa 7 orang ke tahap tes selanjutnya
  • tes selanjutnya adalah penilaian kompetensi bidang
Baca Juga :  3 Desa di Sampang Berhasil Capai Status Mandiri

TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi administrasi
  2. Penelusuran rekam jejak
  3. Uji kompetensi
  • Kompetensi manajerial
  • Kompetensi sosiostruktural
  1. Penilaian kompetensi bidang
  • Penyusunan makalah
  • Wawancara teknis
  1. Pemeriksaan kesehatan dan bebas narkoba
  2. Pengumuman tiga orang terpilih

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *