Para Rektor Hendaki Figur Pemimpin Berkredibilitas di Pilkada Pamekasan 2024

News, Pemilu, Politik32 views

KABAR MADURA | Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Pamekasan 2024 sudah berada di depan mata. Rektor perguruan tinggi di Pamekasan mulai buka suara tentang sosok yang pantas menjadi pilihan.

Rektor IAIN Madura Saiful Hadi mendorong munculnya banyak calon pada pilkada November mendatang. Sehingga masyarakat mempunyai banyak opsi untuk menentukan pilihannya.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Namun, dia berharap, sosok yang muncul adalah calon pemimpin yang memiliki konsentrasi khusus terhadap keberlangsungan pembangunan di semua sektor.

Selain itu, kata Saiful Hadi, dari simpul akademik kampus menginginkan sosok yang bisa meneguhkan peran pesantren dalam menjalankan pemerintahan, dapat menjaga dan memelihara budaya kemaduraan, serta berkomitmen menyelesaikan kemiskinan absolut.

“Kualifikasi komitmen inilah yang sangat ditunggu oleh masyarakat di Pamekasan,” ujarnya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga:  Praktisi Hukum Pidana Lingkungan Nilai Pengawasan Galian C di Pamekasan Kurang Maksimal

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Madura (UIM) Ahmad menyebut, masyarakat Pamekasan, terutama kaum akademis, menghendaki figur yang memiliki percaya diri tinggi dan berkredibilitas.

“Masyarakat menginginkan pemimpin yang bisa dipercaya untuk dititipi amanah,” tuturnya.

Tentu sangat bersyukur, lanjut Ahmad, jika figur yang dikehendaki itu lahir dari kampus yang dipimpinnya. Diketahui, saat ini figur yang muncul dalam bursa pencalonan bupati dan wakil bupati Pamekasan 2024-2029 yang lulusan UIM adalah Mohammad Sahur. Dia politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang baru terpilih kembali sebagai anggota DPRD Pamekasan untuk periode ketiga kalinya.

Meskipun secara institusi tidak akan menyatakan mendukung kepada figur tertentu pada pilkada mendatang, Ahmad mengatakan, pihaknya akan tetap memberikan dukungan, minimal dengan doa, apabila yang maju alumni UIM.

Baca Juga:  PMI Pamekasan Belum Mampu Tangani Bantuan Seluruh Kecamatan

“Kami merasa bangga ada alumni mahasiswa UIM bisa mencalonkan diri sebagai pimpinan daerah di Pamekasan. Namun, sekarang yang penting, siapapun nantinya yang terpilih harus berbasis kearifan lokal. Artinya tidak tebang pilih,” terangnya.

Saat ini sudah bermunculan sejumlah nama yang digadang-gadang layak maju Pilkada Pamekasan 2024, di antaranya Baddrut Tamam, KH. Kholilurrahman, RB. Fattah Jasin, Achmad Baidowi, Firman Syah Ali, Rudi Susanto, Abd Rasyid Fansori, Mohammad Sahur, dan Totok Hartono.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *