Diskop UKM dan Naker Pamekasan Optimis Bazar Ramadan Beri Keuntangan UMKM

News6 views

KABAR MADURA | Gebyar Bazar Ramadan 1445 Hijriah yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, melibatkan puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pemkab setempat.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (Diskop UKM dan Naker) Pamekasan Muttaqin, melalui Sekretaris Diskop UKM dan Naker Pamekasan Vhendy Chisryawan, mengatakan, adanya program yang dilaksanakan sejak tanggal 13 Maret 2023 lalu itu, merupakan langkah Diskop UKM dan Naker dalam memberikan tempat bagi pelaku usaha UMKM untuk  meningkatkan kuantitas penjualan sehingga dapat membantu meningkatan pendapatan selama Ramadan.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Untuk mengetahui berapa jumlah keuntungan yang didapatkan dari setiap pelaku UMKM yang terlibat pada program tersebut, pihaknya mengaku perlu ada data lapangan secara langsung, namun sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan data itu.

Baca Juga:  Pemusik Tong-tong Sumenep Mengharap Support Dana

“Belum tahu saya, kami belum punya datanya,” ungkapnya, Rabu (27/03/2024)

Vhendy Chisryawan menjelaskan, sedikitnya ada 60 pelaku UMKM yang turut ambil bagian pada program tersebut. 60 pelaku UMKM itu terdiri pelaku usaha binaan Diskop UKM dan Naker, DKPP dan Disperindag Pamekasan.

Dia memastikan, sedikitnya ada 100 pengunjung setiap hari yang berkunjung ke Food Colony Pamekasan mulai dari pengunjung yang mayoritas menyukai kuliner, baju, hingga hiburan.

“Kami yakin sedikitnya ada 100 pengunjung, dan mayoritas menyukai kuliner,” jelasnya

Hingga saat ini, Vhendy Chisryawan mengaku belum ada pelaku usaha UMKM di luar binaan instansinya yang ingin mengambil bagian dalam festival Ramadan, padahal jikalau nanti ada yang ingin bergabung pihaknya akan menerima dengan senang, namun tidak bisa memberikan fasilitas apapun termasuk tenda.

Baca Juga:  Kisah Hakki, Sukses Budidaya Jamur Berkat YouTube hingga Miliki Kafe Kampoeng Jamur

Pihaknya berharap, agar masyarakat dan pelaku usaha bisa mengembangkan produk yang dikelola, serta dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan, sebab festival yang digelar kali ini merupakan festival pertama yang dijalankan sejak Covid-19.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan momen dan fasilitas yang telah disediakan oleh kami,” tegasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut Diskop UKM dan Naker Pamekasan juga melibatkam Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Miftahul Arifin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *