Pemkab Pamekasan Raih 2 Penghargaan KI Award

News19 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan  meraih 2 penghargaan pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Award tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Novotel Samator Surabaya, Rabu (30/12/2022).

Penghargaan diberikan secara simbolis kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) RB Fattah Jasin, didampingi oleh Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Pamekasan Mohamad, Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Arief Rachman Syah serta Pranata Komputer Nurul Fajariyah.

Dua  kategori penghargaan KI award terhadap pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) itu meliputi, kategori kabupaten atau kota Informatif dan kategori badan publik penyedia informasi publik terbaik.

Wabup Pamekasan RB Fattah Jasin mengatakan, penghargaan yang diberikan KI Jatim merupakan bagian penting. Terutama, untuk terus menginformasikan kerja pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah daerah secara terbuka. Sehingga bisa tersampaikan dengan baik terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Bupati dan Wabup Sumenep

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari kinerja penyedia informasi di lingkungan pemkab dalam melayani kebutuhan masyarakat, khususnya kinerja PPID,” ujarnya kepada Kabar Madura, Kamis (1/11/2022).

Pihaknya menginginkan, PPID di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) mampu mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Terutama, informasi publik yang disajikan harus sesuai dengan undang-undang (UU)  informasi keterbukaan publik.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pamekasan Mohamad menyampaikan, setiap tahun KI Jatim memang biasa melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Namun, selama sebaran Covid-19 kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana.

Meski demikian, penyediaan data informasi tetap terfasilitasi dengan baik. Sehingga, daerah yang identik dengan slogan Kota Gerbang Salam mampu meraih penghargaan dari KI Jatim berdasar penilaian. Secara umum, penghargaan ini sebetulnya tidak lain lantaran citra dan kondisi masyarakat yang sangat dinamis.

Baca Juga :  Kemenag Sampang Berikan Penghargaan Bagi Peraih Juara Porsadin ke-5 Jatim

“Jadi tidak hanya permintaan data informasi, yang lainnya pun sangat dinamis, sehingga PPID Pamekasan untuk mengantisipasi keperluan dan permintaan data, harus bisa menyediakan data yang diminta,” jelasnya.

Ditegaskan, untuk terus mempercepatan ketersedian data informasi yang dibutuhkan masyarakat, akan mengembangkan sebuah aplikasi khusus sebagai bentuk inovasi. Tujuannya, untuk mempermudah akses data informasi. “Sekarang aplikasinya sedang dipersiapkan, mudah-mudahan sebentar lagi bisa digunakan dan bisa menjadi inovasi yang baik bagi PPID Pamekasan,” harapnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *