Pemusik Tong-tong Sambut Pembentukan Paguyuban dari Bupati Sumenep Cak Fauzi

News45 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Selain diapresiasi dengan diadakannya Festival Musik Tong-tong setiap tahun, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo  bakal membentuk paguyuban grup musik asli kabupaten paling timur di Pulau Madura itu. 

Hal itu mendapatkan respon positif dari para pemusik Tong-tong di Sumenep, salah satunya Ubaidillah. Seniman dari grup musik Tong-Tong Putra Pinggirpapas ini menyatakan,  adanya paguyuban itu sangat penting untuk sarana koordinasi satu sama lain. 

“Ini seni dan cuma hiburan, tentu kami butuh dukungan dan rangkulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep,” imbuhnya. 

Baca Juga:  Usai Kota Sampang Terendam Banjir, Sampah Menumpuk 30 Ton Sehari

Menurutnya, parade musik Tong-tong banyak penggemarnya. Selain untuk hiburan masyarakat, juga untuk memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. 

“Selain merawat budaya, juga itu sebagai wujud kepedulian pemerintah untuk membina dan merawat kebudayaan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Imam Rafiki selaku sekretaris grup Tong-tong Angin Ribut mengungkapkan, selain event, pelaku seni grup musik Tong-tong memang selama ini belum mendapatkan sentuhan langsung berupa perhatian khusus. 

“Grup musik tong-tong di Sumenep ada yang sudah tampil di setiap daerah di Indonesia, ini sudah wajar mendapatkan perhatian, adanya paguyuban bagus asal dapat memberikan perhatian ke grup tong-tong di Sumenep,” paparnya. 

Baca Juga:  Kadin Sumenep Soroti Masih Tingginya Belanja Pegawai

Dia juga berharap ada keterbukaan informasi terkait pengelolaan seluruh kesenian di Sumenep. Alasannya, agar satu sama lain saling mendukung dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan di Kota Keris ini. 

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *