Pencairan Termin Kedua Anggaran TPS3R di Pamekasan Molor

News73 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pembangunan tempat pembuangan sampah reduce reuse dan recycle (TPS3R) di Pamekasan mulai digarap. Tahun ini, ada dua desa yang mendapatkan jatah pembangunan tempat pembuangan sampah tersebut, yaitu Desa Pagendingan dan Pademawu Timur.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Moh. Sjafii mengatakan, pembangunan itu baru terealisasi lantaran masih menunggu anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) turun dari pusat. Awalnya, pembangunan  itu dijadwalkan Maret 2023.

“Pembangunan (TPS3R) dua-duanya sekarang sudah mulai digarap sejak Juni kemarin. Proses pengerjaan 120 hari harus selesai. Jadi September ini pembangunan fisiknya sudah selesai,” ujar pria yang akrab disapa Mamad kepada Kabar Madura, Senin (11/9/2023).

Baca Juga:  Pengelolaan Sampah, DLH Pamekasan Utamakan Pinggiran Kota

Masing-masing TPS3R mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp600 juta, yang meliputi pembangunan fisik dengan ukuran 10×20 meter, mesin pengayak, mesin pencacah, dan pengadaan roda tiga dua unit. Mamad menjelaskan, proses pencairan anggaran dilakukan secara bertahap.

Termin pertama 25 persen sebesar Rp 150 juta, termin kedua 45 persen Rp 270 juta, dan termin ketiga 30 persen Rp 180 juta. Meski pencairan termin kedua molor, Mamad memastikan proses pembangunan tetap dikerjakan. 

“Molornya pencairan dana termin kedua tersebut tidak berdampak pada proses pembangunan, melainkan berdampak secara administrasi saja,” tambahnya.

Baca Juga:  KPU Pamekasan: Sepertinya DPRD Belum Pantau Gerak Sosialisasi Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pademawu Timur Juma’ati Elis Susanti mengungkapkan, saat ini proses pembangunan sudah mencapai sekitar 80 hingga 85 persen. Pihaknya optimistis pembangunan akan selesai tepat waktu. 

Dia mengaku, pihaknya telah lama mengajukan pembangunan TPS3R yakni sejak 2019 lalu. Namun, baru mendapatkan jatah pembangunan tahun ini.

“Pengelolaannya nanti melalui BUMDes. Semoga permasalahan sampah di Pademawu Timur teratasi dengan baik melalui TPS3R ini,” ujarnya, Senin (11/9/2023).

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *