Penyelenggara Pemilu 2024 Kecelakaan, KPU Pamekasan: Dapat Santunan Rp30 Juta Lebih

News, Pemilu, Politik39 views

KABAR MADURA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan berjanji akan memberikan santunan kepada petugas pelaksana Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mengalami kecelakaan, disesuaikan dengan kondisi yang dialami.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Pamekasan Fathor Rachman mengatakan, dalam aturan atau petunjuk teknis sudah dijelaskan secara rinci mengenai ketentuan santunan yang akan diberikan oleh KPU kepada petugas yang mengalami kecelakaan.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Sesuai dengan keputusan KPU Nomor 9 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pemberian Santunan Kematian dan Santunan Kecelakaan Kerja bagi badan ad hoc penyelenggara Pemilu 2024, dijelaskan bahwa besaran pemberian santunan kematian dan santunan kecelakaan kerja badan ad hoc sebesar Rp36 juta.

“Itu bagi petugas yang mengalami kematian. Bagi petugas yang mengalami kecelakaan hingga cacat permanen sesuai dengan kondisi tertentu, dapat Rp30 juta,” ungkapnya.

Baca Juga:  Proyek Usai, Tanah Sekitar JLS Sampang Jadi Mahal

Selain itu, tambahnya, bagi petugas yang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka-luka atau sakit berat bisa mendapatkan santunan sebesar Rp8 juta hingga Rp16 juta. Sedangkan bagi petugas yang mengalami luka atau sakit sedang, berhak mendapatkan Rp2 juta hingga Rp4 juta sesuai dengan kategori keadaan yang dialami.

Fathor Rachman menambahkan, selain biaya santunan tersebut, pihaknya mengaku ada santunan tambahan bagi setiap petugas yang mengalami kematian, yakni sebesar Rp10 juta khusus biaya pemakaman.

Hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan adanya kecelakaan kerja bagi petugas yang berada di bawah naungan KPU Pamekasan, padahal sebelumnya KPU sudah menginformasikan kepada petugas untuk melaporkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika nanti ditemukan adanya kecelakaan kerja bagi petugas penyelenggara yang kebetulan mempunyai kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, maka pihaknya akan memberikan pilihan bagi penerima; apakah bantuan santunan yang akan diklaim bersumber dari KPU atau dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  KPU Pamekasan Hanya Verfak 16 Pendukung Bacalon DPD

“Saat ini kami hanya berikan santunan yang kematian itu, sedangkan laporan lain tidak ada. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Senada dengan hal itu, Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili menjelaskan, santunan kematian sudah diberikan kepada penerima sebesar Rp46 juta. Jumlah tersebut merupakan jumlah santunan kematian sekaligus biaya untuk penguburan atau pemakaman bagi mendiang.

“Santunan itu sudah kami sesuaikan dengan ketentuan KPU dan tidak ada potongan sama sekali,” tegasnya.

Kategori Bantuan Penyelenggara Pemilu yang Kecelakaan:

  1. Cacat permanen dapat santunan Rp30 juta lebih.
  2. Luka-luka atau sakit berat dapat santunan Rp8 juta hingga Rp16 juta.
  3. Luka atau sakit sedang dapat santunan Rp2 juta hingga Rp4 juta.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *