Prioritaskan Perubahan Perda Tembakau Pamekasan Tuntas

News30 views

KABARMADURA.ID | Beberapa rencana peraturan daerah (raperda) dipending lantaran belum urgen untuk dibahas. Secara umum, tahun 2024 ini sudah ada 14 raperda yang ditetapkan melalui sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pamekasan Wardatus Syarifah, Minggu (1/1/2023).

Menurutnya, raperda yang akan dimasukan ke propemperda terdiri dari usulan eksekutif dan legislatif. Namun dalam tahapannya dilakukan berbagai pertimbangan dari internal Bapemperda mengenai dilanjutkan pembahasannya atau tidak. Secara umum pada akhirnya harus mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“ Untuk 14 raperda  yang sudah diparipurnakan sudah melalui tahapan konsultasi, jadi sebelum ditetapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, raperda tersebut sudah  ditetapkan. Jadi yang 14 raperda ini memang prioritas semua,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Baca Juga:  Dua Fasilitas Olahraga Akan Direnovasi, DPRD Pamekasan: Pengerjaan Jangan Asal-asalan!

Pihaknya menuturkan, pada propemperda 2024 tidak semua usulan dimasukan ke propemperda, seperti raperda tentang olahraga. Sebab naskah akademiknya belum siap. Sehingga masih dilewati untuk dimasukan ke propemperda. “Kalau keolahragaan ini memang  kami sudah rapatkan dengan eksekutif, tapi mungkin kurang siap,” tuturnya.

Ditegaskan, untuk 5 raperda sisa tahun 2023 ditarget segera rampung. Sebab pada 2024 merupakan tahun politik,  termasuk raperda tentang perubahan perda tembakau. Sehingga akan memaksimalkan sebelum masa panen 2024 sebagai langkah untuk  mengadvokasi kepentingan para petani tembakau di 2024.

“Raperda 2024 sudah clear semua tidak ada yang bertentangan dengan peraturan diatasnya, hal ini berdasarkan hasil rekomendasi biro hukum,” tegasnya.

Baca Juga:  Jalan Rapa Laok-Karangpenang Sampang Telan Dana Rp12 Miliar

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *