Program PISEW Sasar 10 Desa di Kabupaten Sampang

News150 views

KABARMDURA.ID | SAMPANG Program Infrastruktur Sosial Ekonomi dan Wilayah (PISEW) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran 2023 menyasar 10 desa yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Sampang.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kawasan Permukiman (DLH Perkim) Sampang, kegiatan PISEW tahap 1 tahun ini yang menyasar 10 desa yang tersebar di lima Kecamatan itu, meliputi Desa Disanah dan Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Desa Baruh dan Desa Taman Sareh di Kecamatan Sampang.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Selain itu, di Desa Pandan dan Desa Rapa Daya, Di Kecamatan Omben, di Desa Karang penang Oloh dan Desa Bulmatet, Kecamatan Karang Penang. Kemudian, di Desa Tolang dan Desa Larlar, Kecamatan Banyuates. Total anggaran PISEW dari Kementerian PUPR tahun 2023 tahap 1 ini senilai Rp2,5 miliar dan setiap kecamatan dianggarkan Rp500 juta, mayoritas untuk pembangunan rabat beton.

Baca Juga:  Galian C Ditengarai Jadi Penyebab Keringnya Sumber Mata Air, DLH Perkim Sampang: Itu Wewenang Pemprov!

Kepala DLH Perkim Sampang Faisol Ansori melalui Kabid Perumahan Dan Kawasan Permukiman  Abd. Rokib mengatakan, kegiatan PISEW itu didanai dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Untuk itu, daerah tidak memiliki kewenangan apa pun untuk program tersebut dan hanya menerima Surat Keputusan (SK) untuk lokasi program itu.

“Sekarang kegiatan PISEW sudah berjalan dan di sebagian desa pengerjaannya sudah tuntas. Mayoritas pengerjaannya berupa pembangunan rabat beton,” ujar Rokib kepada Kabar Madura.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Sreseh Arif membenarkan adanya program tersebut. Di wilayahnya, ada dua desa penerima PISEW tersebut, yakni Desa Disanah dan Desa Marparan. Sayangnya, pihaknya enggan membeberkan lebih lanjut soal progres program tersebut. Dia berdalih tidak memiliki kewenangan apapun dalam program pusat itu.

Baca Juga:  Perbup Alun-Alun Trunojoyo Sampang Tidak Kunjung Tuntas, Masih Menunggu Tanda Tangan Bupati

“Langsung tanya ke Dinasnya aja Mas DLH Perkim dan Pendampingnya. Kami hanya diundang Untuk Musyawarahnya, tapi untuk pelaksanaannya kami tidak tahu mas,”dalihnya.

Dikonfirmasi terpisah, Penjabat Kepala Desa (PJ Kades) Lar-lar Kecamatan Banyuates Sampang Moh. Fadol mengatakan, program PISEW di desanya berupa kegiatan pembangunan rabat beton dan progres pengerjaannya sudah tuntas. Namun, pihaknya tidak membeberkan terkait besaran anggaran untuk kegiatan tersebut.

“Sudah selesai dari akhir bulan kemarin, karena disuruh segera ke bagian tim pekerja dan pengawas lapangannya,” singkatnya.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *