Seleksi JPT Dua OPD di Sampang Berlanjut di Kemendagri

News72 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang hingga kini belum tuntas, sebab masih proses lanjutan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

‌Dua JPT Pratama dimaksud, yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang dan Inspektorat Daerah Pemkab Sampang. Pasalnya, kedua OPD itu masih proses lanjutan di Kemendagri lantaran ada perlakuan khusus. Ada aturan yang mengikat untuk dua OPD tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Arif Lukman Hidayat melalui Kabid Mutasi Bayu Pamungkas Kusprasetyo mengatakan, untuk seleksi kepala Dispendukcapil dan Inspektur Daerah itu memang sengaja dibuat terpisah proses pelantikannya dengan lima JPT lainnya, yang sudah dilantik beberapa waktu lalu itu.

Baca Juga:  Tim Gempur Rokok tanpa Cukai di Sumenep selalu Tandai Toko dan Target Operasi

Dikatakannya, untuk dua OPD itu masih proses lanjutan di Kemendagri. Untuk itu, proses seleksi untuk dua JPT tersebut masih berlanjut hingga kini. Ada pun tahapannya, yakni permohonan rekom dan jadwal wawancara Dirjen Dukcapil untuk Kepala Dispendukcapil dan rekom dari Sekda Pemprov Jatim serta Gubernur Jatim untuk Inspektur Daerah.

“Dua OPD ini memang beda. Ada aturan khusus yang mengikat kedua jabatan ini, yakni berupa Permendagri dan SE Mendagri. Jadi sampai saat ini belum keluar hasilnya,” ungkap Bayu saat dikonfirmasi Kabar Madura, Kamis (20/7/2023).

Lebih lanjut, Bayu mengatakan, sebelumnya, BKPSDM dan Pansel telah membuka seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan sebanyak tujuh JPT Pratama di lingkungan Pemkab Sampang yang di lelang secara terbuka dan kompetitif. 

Baca Juga:  Ingin Bangun Masjid Agung, Pemkab dan Kodim Sampang Bakal Saling Bertukar Hibah Lahan

Namun, kata dia, baru lima JPT yang selesai dilantik, yakni Kepala Diskominfo, Kepala Diskopindag, Kepala BPPKAD, Kepala Disnaker dan Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik.

Sedangkan untuk dua OPD itu, prosesnya masih berlanjut hingga sekarang. Pihaknya mengungkapkan, kemungkinan pada bulan depan  proses untuk dua JPT itu sudah selesai dan bisa dilaksanakan proses pelantikannya.

“Sesuai estimasi yang sudah terjadwal, proses pelantikan untuk dua JPT ini akan dilaksanakan pada 11 Agustus 2023 nanti. Itu pun kalau tidak ada perubahan lagi,” tukasnya.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *