PUTR Sumenep Segera Memulai Realisasi Program Sanitasi

News139 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dalam rangka percepatan realisasi dana alokasi khusus (DAK) untuk kelancaran program sanitasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sumenep mulai melakukan tahapan-tahapannya. 

Kepala Dinas PUTR Sumenep Eri Susanto mengatakan, pekerjaan yang dianggarkan sebesar Rp9.779.988.000 untuk program bidang sanitasi di Sumenep tahun 2023 saat ini sudah memasuki pelatihan peningkatan kapasitas pihak yang terlibat dalam program tersebut. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Kami sudah mulai melakukansosialisasi tenaga fasilitator lapangan (TFL) agar nanti program tersebut bisa semakin lancar pada proses realisasinya,” kata dia, Rabu (12/4/2023). 

Program yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023. Program bidang sanitasi ini menyasar daerah rawan sanitasi, termasuk daerah tertinggal, khususnya daerah stunting dan miskin di kabupaten Sumenep. 

Baca Juga:  Untuk Atasi Genangan, PUTR Sumenep Minta Anggaran Ditambah

Dijelaskannya, DAK juga untuk kegiatan fisik, berupa pembangunan jamban, tanki septic individual 550 unit untuk 11 desa, pengadaan truk tinja 1 unit dan pembangunan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R) sebanyak lima unit untuk lima desa. 

“Kegiatan ini akan dilaksanakan di 16 desa yang tersebar di 11 kecamatan yang  masuk  kategori  miskin,” imbuhnya. 

Dia juga menyanpaikan, untuk pembangunan jamban dan tanki septic individual, masing-masing desa 50 unit, berlokasi di Desa Essang, Kecamatan Talango, Desa Gadu Timur Kecamatan Ganding, Desa Montorna Kecamatan Pasongsongan. 

Selain itu, juga tersebar di Desa Tamba Agung Barat kecamatan Ambunten, Desa Tamba Agung Timur Kecamatan Ambunten, Desa Keles Kecamatan Ambunten, Desa Basoka Kecamatan Rubaru, Desa Kerta Timur Kecamatan Dasuk, desa Sema’an kecamatan Dasuk, Desa Baban kecamatan Gapura, dan Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang. 

Baca Juga:  Realisasi Program Fisik di Sumenep Berpotensi Molor

Sedangkan untuk pembangunan TPS3R akan berlokasi di Desa Saroka Kemacatan Saronggi, Desa Pasongsongan kecamatan Pasongsongan, Desa Ambunten Timur kecamatan Ambunten, desa Larangan Kerta kecamatan Batuputih dan desa Gayam kecamatan Gayam. 

“Ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan sandaran pelayanan sanitasi terutama dalam pengelolaan air limbah dan persampahan serta peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan memenuhi standart pelayananan minimum,” paparnya. 

Pewarta: Moh Razin 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *