Raih Penghargaan Forikan Award, Ketua Forikan Pamekasan: Hasil Usaha Bersama

News119 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Pamekasan mendapatkan penghargaan Forikan Award kategori peningkatan omzet usaha terbaik. Hal tersebut lantaran forum tersebut dinilai berhasil mendorong masyarakat gemar mengonsumi ikan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Forikan Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak di Dyandra Convention Center, Surabaya, pada Rabu (30/11/2022).

Terkait hal itu, Ketua Forikan Pamekasan Nayla Baddrut Tamam mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Forikan Pamekasan merupakan hasil usaha bersama. Dia mempersembahkan penghargaan itu untuk masyarakat, khususnya di pesisir utara dan selatan.

Baca Juga:  SOeC UNIBA Madura Bangun Kepekaan Maba pada Budaya sekaligus Lingkungan

“Kami terus mengedukasi masyarakat untuk terus gemar memakan ikan dalam upaya memperbaiki gizi. Terutama pada anak-anak dan balita. Jadi dimulai dari menu keluarga di meja makan yang biasa dikonsumsi setiap hari,” paparnya, Kamis (01/11/2022).

Sosok yang juga menjabat sebagai ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pamekasan itu menegaskan, gencarnya edukasi dan sosialisasi terkait konsumsi ikan sepatutnya mendapatkan penghargaan. Namun, dia beranggapan itu hanyalah bonus. Selebihnya, yang terpenting yaitu realisasi di tengah masyarakat.

“Ikan ini dari nelayan Pamekasan. Kemudian diolah di Pamekasan, dipasarkan di dalam dan luar Pamekasan,” ujarnya.

Baca Juga:  Dinsos Pamekasan Target November BLT DBHCHT Terealisasi

Diakuinya, pembagian resep pengolahan ikan secara gratis menjadi bagian dari strateginya untuk memupuk keinginan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Sudah banyak ditemui hasil olahan ikan yang bisa dikonsumsi secara umum.

“Harapan kami pada tahun 2023, para pedagang yang berjualan di sekolah  bisa mendapatkan edukasi dan pembelajaran. Terutama terkait pengolahan bahan bahan dasar ikan untuk menjadi camilan yang bisa dikonsumsi anak-anak di sekolah,” ujarnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *