Rizal Andiansyah Resmi Dilantik sebagai Legislator Sampang untuk PAW M. Djaikun

Uncategorized32 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang menggelar rapat paripurna pelantikan anggota untuk proses pergantian antar waktu (PAW), Rabu (28/9/2022). Rapat istimewa tersebut dilaksanakan di ruang Graha Paripurna DPRD Sampang.

 

Anggota DPRD Sampang yang dilantik adalah Rizal Andiansyah. Dia digantikan M. Djaikun dari Partai Golkar karena meninggal dunia. Proses pelantikan tersebut dilakukan setelah DPRD Sampang membahas di internal Badan Musyawarah (Bamus) sesuai tahapan dan ketentuan yang berlaku.

 

Pelantikan PAW anggota DPRD Sampang itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Sampang, termasuk dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang danbeberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang serta sejumlah tamu lainnya.

 

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan, PAW itu dilakukan setelah beberapa waktu lalu ada surat dari DPD Partai Golkar Sampang tentang proses PAW. Setelah itu, pihaknya langsung berkirim surat ke KPU Sampang.

Baca Juga :  Empat Fraksi Tolak Program Umrah Gratis Pemkab Pamekasan

 

Setelah adanya penetapan dari KPU Sampang, pihaknya bersurat ke gubernur Jawa Timur melalui bupati Sampang untuk segera memproses PAW anggota wakil rakyat tersebut sesuai dengan regulasi dan tahapan yang berlaku.

 

“Alhamdulillah per 8 September kemarin surat dari gubenur turun, akhirnya kita Banmus menjadwalkan paripurna pelantikan PAW pada hari ini,” tutur Fadol saat ditemui awak media usai melantik Rizal Andiansyah sebagai anggota DPRD Sampang.

 

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu membeberkan, terkait posisi yang bersangkutan pada alat kelengkapan dewan dan komisi tertentu, pihaknya belum bisa memastikan, karena masih menunggu usulan dan surat resmi dari Fraksi Golkar. Karena untuk penempatan anggota itu merupakan haknya partai melalui fraksi di DPRD Sampang

 

“Prinsipnya kami masih menunggu surat resmi dari Fraksi Golkar untuk penempatan yang bersangkutan ini,” ungkapnya.

 

Baca Juga :  KABARMADURA.ID | SUMENEP-Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi meminta seluruh elemen masyarakat bahu membahu dalam memanfaatkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kota Keris ini. Apalagi, saat ini masyarakat yang berdomisili di daerah dengan simbol Kuda Terbang ini masih dalam masa bonus demografi, karena 72,32 persen penduduknya masih berada di usia produktif (15-64 tahun). "Kami belajar dari penanggulangan wabah Covid-19, semua sektor dilibatkan, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda, aparat keamanan TNI dan Polri, serta elemen lain," kata mantan wakil bupati (wabup) Sumenep itu. Ternyata hal itu akan juga efektif apabila diaplikasikan dalam mengatasi persoalan-persoalan Sumenep. Misalnya persoalan kemandirian dan jaminan kerja atau memaksimalkan usia produktif itu. Terutama dalam membantu pembangunan daerah. Sehingga, dengan adanya peran atau uluran tangan dari berbagai elemen itu nanti, bisa berhasil sebagaimana keberhasilan mengatasi wabah Covid-19. Apalagi letak geografis Sumenep yang lebih dari 100 lebih di antaranya pulau, menjadi kendala tersendiri dalam pembangunan. Sehingga tidak mudah mewujudkan pembangunan dan SDM yang mumpuni tanpa adanya bantuan atau gotong royong dari masyarakat. Ra Fauzi memastikan pemerintah selalu membantu yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat. "Sehingga pada setiap kesempatan bersilaturrahmi dengan seluruh elemen masyarakat, tidak lupa mengapresiasi dan meminta agar masyarakat juga menjadi bagian dari kemajuan Sumenep ini," imbuhnya. Diketahui, berdasarkan data terbaru, jumlah penduduk Sumenep 1.124.436 jiwa. Terdapat 542.735 penduduk berjenis kelamin laki-laki dan 581.701 penduduk berjenis kelamin perempuan. Sementara, persentase penduduk lansia (berumur 65 tahun keatas) Sumenep meningkat menjadi 9,76 persen dari semula 7,11 persen. "Terutama memberikan peran kepada kaum wanita, sebab jumlah penduduk perempuan lebih besar dibandingkan jumlah penduduk laki-laki yakini 542.735 jiwa dan perempuan 581.701 jiwa," pungkasnya. Reporter: Moh Razin Redaktur: Wawan A. Husna

Harapannya, Rizal dapat meneladani baik dari sisi kinerja dari almarhum Jaikun. Karena selama ini, almarhum Jaikun kinerjanya sangat bagus dan menjadi salah satu tokoh panutan di kalangan legislator Sampang. Almarhum Jaikun juga sudah dua periode menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Sampang V (Kecamatan Karangpenang dan Sokobanah).

 

“Yang pasti, kami berharap, saudara Rizal ini bisa meneladani Almarhum dan harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakyat dengan baik,” Harapnya

 

Sementara itu, Rizal Andiansyah berjanji akan menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota wakil rakyat dengan sungguh sungguh dan berkomitmen untuk bekerja bersama-sama, memperjuangkan aspirasi masyarakat dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.

 

“Yang jelas, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas dan fungsi dewan dan siap mengawal aspirasi masyarakat,” terang pria kelahiran Sampang, 26 Mei 1983 itu.

Baca Juga :  PN Sampang Dituding Bertindak Sepihak

 

Reporter: M. Subhan

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *