Rp200 Juta Jatah Dana Hibah Kepemudaan Sumenep hanya Menyasar KNPI

News304 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Tahun 2023 ini, organisasi kepemudaan (OKP) di Sumenep yang mendapatkan dana hibah hanya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), nilainya sebesar Rp200 juta. 

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohamad Iksan melalui Kepala bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Syaifuddin mengatakan, tahun ini bantuan kepemudaan memang tidak diprogramkan ke OKP. 

“Biasanya berjeda satu tahun, kalau saat ini hanya Rp200 juta saja untuk KNPI,” kata dia, Rabu (25/10/2023). 

Dana hibah yang ke KNPI sebesar Rp200 juta itu sudah direalisasikan. Dia juga tidak dapat memastikan untuk tahun yang akan datang akan ada lagi dana tersebut. 

Pada tahun 2022, dana hibah kepemudaan plus dana pokir sekitar Rp450 juta,  dibagi untuk 7 OKP, di antaranya  DPC GMNI sebesar Rp40 juta, PC IMM sebesar Rp35 juta, PC IPNU Rp45 juta, PC IPPNU Rp40 juta, PC PMII Rp45 juta, PD IPM Rp35 juta, PD PM Rp40 juta, dan MD-KAHMI Rp200 juta  yang merupakan pokir DPRD. 

Baca Juga:  Jadi Venue Liga 3, Stadion A. Yani hanya Rehab Ringan senilai Rp200 Juta

Tujuan dana hibah tersebut tidak dicairkan berturut-turut setiap tahun pada OKP, agar OKP lainnya juga mendapatkan dana tersebut. 

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sumenep Samieoddin meminta agar dinas terkait untuk lebih memikirkan secara luas. Tujuannya, agar tidak menimbulkan asumsi yang negatif. 

“Kabarnya KNPI juga merupakan pihak ketiga pelatihan wirausaha santri, masih mendapatkan dana hibah juga, maka apakah itu tidak menimbulkan kecemburuan bagi organisasi yang lain,” paparnya. 

Pewarta: Moh. Razin 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *