RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Berbenah dan Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Sumenep

News77 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Demi meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Moh. Anwar Sumenep terus berbenah. Faktanya, saat ini rumah sakit berpelat merah ini sudah menyediakan Poli Gigi yang dilengkapi dengan dokter spesialis gigi (drg) Yenny Ismullah. 

Pria yang sudah membantu pelayanan kesehatan di RSUD dr. H. Moh. Anwar sejak 2022 itu memang dipersiapkan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan di bidang kesehatan gigi dan permasalahannya. Salah satunya, mampu membagi tips pencegahan, termasuk penyakit kronis.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Persoalan gigi tidak lepas dari jaringan periodontal. Jaringan periodontal ini merupakan jaringan pendukung gigi, meliputi gusi, sementum, ligamen periodontal, dan tulang alveolar. Jadi masyarakat harus paham terlebih dahulu terkait seputar persoalan itu. Karena masuk satu kesatuan yang harus dirawat dan diperhatikan,” ujar drg. Yenny Ismullah kepada Kabar Madura. 

Baca Juga:  APBD Terbatas, Pj. Bupati Pamekasan Dana Fiskal Jadi Alternatif

Menurutnya, terdapat beberapa kondisi dan penyakit periodontal yang bisa ditangani oleh dokter spesialis periodonsia. Diantaranya gigi goyang tanpa sebab yang jelas, gusi bengkak dan kemerahan akibat radang gusi atau gingivitis, gusi berdarah dan gusi hitam. 

Selain itu, penyakit gusi akibat kondisi tertentu seperti diabetes, human Immunodeficiency virus (HIV), malnutrisi, kehamilan, gangguan genetik, cedera di jaringan periodontal akibat benturan atau kecelakaan, infeksi jaringan periodontal, resesi gusi atau gusi turun, resesi tulang alveolar dan lainnya. 

“Dari gejala itu masyarakat bisa langsung segera berkonsultasi sejak awal bila sudah mengalami hal yang tidak biasa terjadi pada gigi,” paparnya.  

Baca Juga:  Diskan Pamekasan Jaga Kualitas Garam dengan Pemenuhan Sarpras

Bahkan bisa saja ada beberapa gejala yang masyarakat harus segera menemui dokter spesialis gigi  jika gusi bengkak, gusi yang mudah berdarah, bau mulut dan sakit ketika mengunyah. Meski terlihat biasa, sebaiknya dikonsultasikan dengan ahlinya. 

“Untuk di RSUD dr. H. Moh. Anwar sendiri selalu siap melayani, apalagi seperti yang sudah disampaikan tadi, ada beberapa ketersambungan dalam penyakit gigi ini,” jelasnya.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Totok Iswanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *