KABAR MADURA | Guna memberikan pelayanan prima, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar membuka layanan call center 118.
Rudi Iskandar selaku penanggung jawab program tersebut mengatakan, sedikitnya ada tiga keunggulan program untuk memaksimalkan layanan kepada kesehatan masyarakat Sumenep tersebut, baik di daratan maupun kepulauan.
“Semua itu memberikan layanan terutama ketika dalam keadaan darurat,” kata kata dokter spesialis anestesi dan terapi intensif itu.
Tiga keunggulan dari layanan 118 tersebut, pertama; memudahkan untuk mentransfer antar rumah sakit. Sehingga jika harus dirujuk, maka lebih cepat dan mudah.
Kedua; memastikan pelayanan terus maksimal dengan memastikan semua petugas tetap ada, artinya program tersebut sebagai pengisi kekosongan tenaga di berbagai posisi di semua tempat.
Ketiga; kegunaan program tersebut sebagai bantuan kedaruratan, salah satunya mendampingi tenaga kesehatan yang diturunkan baik menemani pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.
“Misalnya salah satu perawat ada yang tidak masuk atau berhalangan maka dikontrol oleh 118, dan tetap diisi atau dari tim yang ada. Di mana pun posisinya,” imbuhnya.
“Ke depan harapan kami, layanan 118 bisa dipanggil dan antar jemput pasien yang hendak mau dirawat di RSUD dr Moh Anwar Sumenep, termasuk yang kepulauan juga nanti,” pungkas Rudi.
Pewarta: Moh. Razin
Redaktur: Wawan A. Husna