Seremonial Pelepasan 1.200 Calon Jemaah Haji, Begini Sambutan Bupati Pamekasan 

News427 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melepas 1.200 calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2023. Pelepasan dipusatkan di Masjid Agung As-Syuhada, Pamekasan, Kamis (18/5/2023). 

Dalam hal ini, pelepasan dilakukan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan RB Fattah Jasin, Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Masrukin, kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pamekasan, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, kepala organisasi pimpinan daerah (OPD), dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan Mawardi.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, dimampukannya seseorang melaksanakan ibadah haji menjadi keistimewaan baginya, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima. Tentunya, untuk melaksanakan berbagai keutamaan dalam proses ibadah haji di Tanah Suci akan menjadi rebutan. Namun yang terpenting, menurutnya, mengutamakan keselamatan diri dalam beribadah harus menjadi prioritas CJH asal Bumi Ratu Pamelingan. 

Baca Juga:  Baru Dua Angkatan, Pemkab Pamekasan Hentikan Program Beasiswa Kedokteran

“Mari kita saling mendoakan, saling memaafkan, karena mau sowan ke sayyidina Muhammad, serta akan melaksanakan ibadah yang haji.  yang agak berat, saat melaksanakan wukuf, kita akan mabit dan akan melaksanakan jumrah, tolong jaga kesehatan, jangan berebutan, biasanya berebutan menginginkan yang utama, tapi yang penting bisa menjaga keselamatan diri,” paparnya, saat memberikan sambutan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan itu menyampaikan, berbagai persiapan sebelum melaksanakan ibadah di Tanah Suci perlu diusahakan, termasuk persiapan mental, spiritual, maupun menata hati dan perkataan agar bisa menjadi ibadah haji yang mabrur.

Diakuinya, para jamaah yang termasuk golongan lansia akan diprioritaskan dalam pendampingannya oleh petugas haji saat melakukan ibadahnya nanti. Bahkan untuk para jamaah yang membutuhkan kursi roda akan difasilitasi. Tidak cukup itu, proses keberangkatan dan proses kepulangan akan fasilitasi kendaraannya oleh Pemkab Pamekasan.

Baca Juga:  Mencari Presiden Antikorupsi

“Harapannya lancar perjalanannya, mabrur ibadahnya, kembali ke Pamekasan dalam keadaan sehat, serta bisa berkumpul dengan keluarga. Kami dari pemkab Pamekasan dan masyarakat Pamekasan memohon do’a, mau menitipkan salam kepada Nabi Muhammad,  Do’anya mudah-mudahan masyarakatnya makmur, melayani pemerintahannya, dijauhkan dari fitnah, dan menjadi kabupaten baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” urainya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan Mawardi mengapresiasi fasilitasi yang diberikan untuk kelancaran keberangkatan ibadah haji asal Bumi Ratu Pamelingan. Diketahui, Pemkab Pamekasan telah menyediakan 64 bus dan  24 truk, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

“Persiapan dari kepanitiaan ibadah haji asal Pamekasan alhamdulillah sudah maksimal dan siap diberangkatkan,” imbuhnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *