SOeC UNIBA Madura Bangun Kepekaan Maba pada Budaya sekaligus Lingkungan

News74 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Salah satu dari rangkaian kegiatan Student Orientation and Campus Iduction (SOeC) untuk mahasiswa baru Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura, digelar pawai atau kirab budaya, Jumat (18/8/2023).

Kegiatan itu juga diikuti langsung oleh Sekretaris Yayasan Qudsiyah Bahaudin Mudhary Madura Annisa Zhafarina bersama para petinggi kampus dengan tagline Tera’ Ta’ Adhamar itu.

Annisa Shafarina atau biasa disapa mbak Nisa itu mengatakan, kirab budaya dengan busana serba serbi baju tradisional atau baju adat Madura itu semata-mata bertujuan agar calon mahasiswa baru lebih peka terhadap budaya luhur para pendahulu di Madura.

Baca Juga:  Striker Madura United Junior Brandao Terproduktif hingga Pekan ke-8

Sebenarnya, pada pawai yang berangkat dari kantor KUP Pojur di Jalan Diponegoro Nomor 100, Sumenep itu banyak tema-tema yang diusung, mulai tema kepahlawanan, olahraga dan yang lainnya.

“Rangkaian kegiatan ini juga ingin mempersatukan mahasiswa baru (maba) yang jumlahnya kurang lebih 1.500 orang ini,” kata mbak Nisa.

Selain itu, tujuan kirab budaya yang start dari Kecamatan Kota Sumenep itu, sekaligus untuk bersih-bersih lingkungan. Sebab, sepanjang perjalanan menuju UNIBA Madura, para maba juga sembari memungut sampah.

Harapannya, maba mempunyai kedekatan emosional, menjunjung persatuan, terutama untuk mengangkat martabat budaya-budaya Madura.

Baca Juga:  Satpol PP Rekomendasi 13 Kecamatan di Pamekasan Jadi Sasaran Penindakan Rokok Ilegal

“Dan bahwa UNIBA Madura ini adalah benar-benar sekolah dari Madura untuk Indonesia,” lanjut putri Prof. Achsanul Qosasi itu.

Mbak Nisa juga berpesan kepada maba dan mahasiswa aktif UNIBA Madura agar terus belajar dengan serius sampai lulus, sehingga nantinya dapat pekerjaan yang layak dan bisa memberikan kesejahteraan bagi keluarga-keluarganya.

“Ini langkah utama menjadi orang sukses, mengingat dan membawa nama baik UNIBA Madura, walaupun nanti bekerja di mana saja,” pungkasnya.

Pewarta: Moh.Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *