Sumber Data Penerima BBM Subsidi di Bangkalan Tidak Jelas

News13 Dilihat

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Sebanyak 83.195 warga Bangkalan terdaftar sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp600 ribu. Bantuan tersebut, akan diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM)  Rp300 ribu setiap dua bulan melalui Kantor Pos di masing-masing wilayah.

Kepala Kantor Pos Bangkalan Mujiburrahman mengatakan, bantuan sebesar Rp600 ribu tersebut mulai disalurkan pada sejumlah penerima sejak Selasa 6 September kemarin sebagai uji coba pencairan di wilayah kota. Kemudian akan dilanjutkan untuk pencairan di seluruh kecamatan. Sedikitnya, sudah 4.819 bantuan tersalurkan.

“Cairnya bertahap, Rp300 ribu sekali terima setiap 2 bulan,” ujarnya melalui sambungan telepon, kepada Kabar Madnura, Kamis (8/9/2022).

Meski sudah melakukan pencairan, Mujib mengaku, tidak mengetahui proses pendataan 83.195 KPM BLT BBM subsidi tersebut. Sebab, pihaknya hanya selaku penyelenggara penyaluran. Sehingga tidak terlibat dan tidak mengetahui data ribuan KPM. “Nah itu, kami tidak mengetahui pendataannya bagaimana. Karena bukan kami yang melakukan pendataan,” ucapnya.

Baca Juga :  Satpol PP Pamekasan Akan Utamakan Sikap Humanis dalam Penindakan Rokok Ilegal

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos (Dinsos) Bangkalan Sukardi membenarkan, jika sudah ada proses pencairan. Meski begitu, tidak memiliki data KPM di Bangkalan. Bahkan hanya menganalisa, bahwa data penerima BLT BBM subsidi sama dengan BPNT.

“Kami tidak memiliki datanya, tapi yang jelas sudah mulai cair melalui Kantor Pos. Kemungkinan mengambil data dari BPNT, tapi datanya kami tidak memiliki juga. Dari Kantor Pos belum pernah memberikan datanya ke kami,” responnya.

Reporter: Fathurrohman

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *