Terinspirasi dari Konten YouTube Truk Oleng, Raup Puluhan Juta dalam Sepekan

News17 Dilihat

KABARMADURA.ID | Sukses itu dimulai dari inspirasi. Inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan dari YouTube pun juga bisa. Buktinya, M. Zaini (45) bisa sukses menggeluti bisnisnya berkat inspirasi dari konten YouTube truk oleng. Tanpa berpikir panjang, dia pun menjual truk mainan.

ALI WAFA, SAMPANG

Modal awalnya hanya Rp5 juta. Namun omzetnya saat ini bisa mencapai Rp10 juta hanya dalam waktu lima hari. Jangankan orang lain, Zaini pun tidak menyangka usahanya akan sebesar saat ini. Padahal, dia hanya menjual mainan truk oleng.

Ayah satu anak itu memulai usahanya pada tahun 2020. Saat itu, sedang viral konten truk oleng di YouTube. Konten itu berisi truk mainan yang ditarik menggunakan tali. Meski sederhana, peminatnya cukup banyak. Tentu penggemarnya dari kalangan anak-anak.

Namun siapa sangka, konten itu membuat Zaini berpikir tentang peluang bisnis. Dengan modal seadanya, dia membuat truk mainan sendiri. Dari tangan kreatifnya, mainan itu berhasil mendatangkan pundi-pundi rupiah. Harganya bervariatif, mulai dari Rp65 ribu hingga Rp200 ribu.

Baca Juga :  Kisah Slaman, Pahlawan Lingkungan dengan Segudang Prestasi 

“Awalnya saya bikin sendiri. Tapi sekarang saya sudah punya delapan orang karyawan tukang buatnya,” ungkap Zaini, Senin (5/12/2022).

Berkat majunya usaha truk oleng, Zaini mampu membuka lapangan kerja untuk teman dan kerabatnya. Kini dia telah memiliki sebanyak 19 orang karyawan. Delapan orang di antaranya sebagai pengrajin yang membuat mainan. Sementara lainnya memasarkan ke berbagai tempat.

Seluruh wilayah Madura telah menjadi pasarnya. Produknya menyebar dari Bangkalan hingga Sumenep. Bahkan, usahanya telah menembus beberapa kota besar di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, sekarang sudah masuk ke Surabaya, Pasuruan, Malang, Lamongan dan beberapa kota lain,” lujar pria yang pernah bekerja sebagai pengayuh becak itu.

Tumpukan truk oleng mainannya itu diangkut menggunakan mobil. Setiap hari dia berpindah-pindah tempat. Bila sore, kadang dia berjualan di sisi sebelah timur alun-alun Trunojoyo. Truk oleng ditata rapi di pinggir jalan, tidak ada bedanya dengan truk yang tengah parkir.

Baca Juga :  Satpol PP Pamekasan Akan Utamakan Sikap Humanis dalam Penindakan Rokok Ilegal

Setiap dia menjajakan mainannya ke luar kota, dia bisa membawa pulang uang lebih dari Rp10 juta hanya dalam waktu lima hari. Meski begitu, kesuksesannya bukan diraih begitu saja. Sebab, selama sepuluh tahun terakhir, Zaini memang berjualan berbagai macam mainan.

“Pernah jual mainan pinguin. Cuma sekarang ini saya fokus di truk oleng ini,” pungkasnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *