TMMD ke-118 Bangkalan, Sinergitas Kuat TNI dan Rakyat 

News74 views

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kodim 0829 Bangkalan, langsung dibuka oleh Pj Bupati Bangkalan H. Moh Muhni dan yang dihadiri oleh Danrem 084/Bhaskara Jaya, Para Kasi Kasrem 084/BJ, forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama.

Pembukaan tersebut berlangsung di Alun-Alun Kota Bangkalan, Rabu (19/09/2023).

Plt Bupati Bangkalan Moh. Muhni sangat mengapresiasi atas terlaksananya TMMD di Kabupaten Bangkalan. 

Menurut Muhni, pelaksanaan TMMD dengan sasaran pembangunan di daerah, yang membutuhkan perhatian merupakan program yang sangat membantu dalam pemerataan pembangunan daerah serta memberikan manfaat secara langsung dalam peningkatan taraf hidup masyarakat.

Pada pelaksanaan TMMD tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,4 miliar guna mendukung kegiatan tersebut.

“Saya berharap, seluruh komponen, baik OPD dan masyarakat dapat bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan TMMD, sehingga masyarakat juga merasa ikut memiliki, melestarikan dan mengembangkan hasil kegiatan TMMD,” ujarnya.

Baca Juga:  Sampang Tujuh Tahun Tidak Perbaharui Data Timbulan Sampah

Sementara itu, Danrem 084/BJ Brigjen Terry Tresna Purnama menjelaskan, TMMD ke-118 tahun 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk di wilayah Bangkalan akan dilaksanakan di Desa Patenteng, Kecamatan Modung mulai 20 September hingga 19 Oktober dengan menerjunkan 150 personel  yang difokuskan dengan pembangunan fisik dan pembangunan nonfisik. 

“Setelah melakukan survei di lapangan ada beberapa pembangunan fisik, di antaranya adalah pembangunan jalan desa, pembangunan rumah tidak layak huni, MCK, sumur bor, poskamling, pavingisasi serta pembangunan fisik lainnya. Untuk sasaran nonfisik, yakni pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan hingga wawasan kebangsaan,” jelasnya.

Terry Tresna Purnama berharap agar kegiatan TMMD tahun 2023 berlangsung dengan baik tanpa ada kendala apa pun. Karena kegiatan tersebut langsung terjun ke lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Baca Juga:  Satpol PP Pamekasan Incar Siswa Bolos Sekolah

“Kami berharap hasil pembangunan ini nantinya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Intinya TNI Manunggal bersama masyarakat ini merupakan sinergi dalam membangun dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Dandim 0829/Bangkalan, Letnan Kolonel Kav Taufik Dwi Nova menyampaikan ada dua program. Nantinya yang akan dikerjakan yaitu pekerjaan fisik meliputi pengaspalan jalan, pavingisasi, RTLH, pembuatan tandon air dan lain-lain. Sedangkan nonfisik meliputi pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, bimbingan mental dan berbagai program kemanusiaan lainnya,” ujarnya.

“TMMD ke-118 tahun anggaran 2023 Kodim 0829 Bangkalan diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam memperkuat sinergitas antara TNI dan rakyat, serta dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah ini Khususnya di Desa Patenteng, Kec. Modung ini.” pungkasnya.

Pewarta: Moh. Imron

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *