2024, Disperpusip Pamekasan Pastikan Tidak Ada Pengadaan Kendaraan Perpusling

News22 views

KABAR MADURA | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Pamekasan memastikan bahwa tahun ini tidak akan ada pengadaan kendaraan operasional perpustakaan keliling (perpusling). Padahal, saat ini keberadaan kendaraan perpusling di Pamekasan masih sangat minim, yakni hanya ada dua armada, satu di antaranya tidak bisa dioperasikan.

Pustakawan Perpustakaan Daerah Pamekasan Kusairi mengatakan, tidak adanya pengadaan kendaraan perpusling ini lantaran menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Yang beroperasi hanya dua mobil. Satunya belum bisa beroperasi karena perlu maintenance dan harus ganti suku cadang,” jelasnya kepada Kabar Madura, Minggu (25/2/2024).

Baca Juga:  Pendaftar PTPS di Pamekasan Tembus 2.751 orang, Pendaftar Perempuan hanya 616 Orang

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Disperpusip Pamekasan Fitriyani Rachman menuturkan, tahun ini pihaknya hanya mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp189 juta. Menurutnya, anggaran itu terbilang minim. Pasalnya, tidak hanya dikhususkan untuk biaya operasional perpusling saja, melainkan juga diperuntukkan terhadap segala jenis layanan perpustakaan lainnya. Mulai dari pemenuhan sarpras, seperti ATK, biaya pemeliharaan kendaraan operasional perpusling, dan lainnya.

“Anggaran segitu tidak cukup mengkaver pengadaan buku baru, baik yang cetak ataupun yang e-book. Hanya untuk pemenuhan sarpras yang berkaitan dengan layanan,” jelas Yani.

Baca Juga:  Pegiat Literasi Pamekasan: Keberadaan Duta Baca Kurang Berdampak

Untuk diketahui, perpustakaan keliling tahun ini kembali beroperasi, setelah vakum sejak pandemi Covid 19. Untuk sementara, realisasinya difokuskan di lembaga pendidikan sekitar daerah perkotaan. Hal itu sebagai bentuk sosialisasi awal.

“Sementara untuk selanjutnya, akan dilakukan perencanaan ulang dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia,” tukasnya.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *