Adakan Pertemuan, KIM Berpotensi Diterapkan di Pamekasan

Politik65 views

KABAR MADURA | Partai politik atau parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 lalu berpotensi akan bergabung mengusung kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Pamekasan 2024. KIM ini terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra, Partai Golongan Karya atau Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat. Selain itu juga partai nonparlemen, seperti Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Potensi ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Pamekasan Taufiqur Rahman, Minggu (19/5/2024). Menurutnya, parpol yang tergabung dalam koalisi yang sukses mengantarkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia 2024-2029 itu diinstruksikan tetap solid pada Pilkada Pamekasan.

Akan tetapi, kata Taufiq, hingga saat ini belum muncul nama yang disepakati akan diusung menjadi calon bupati dan wakil bupati pada kontestasi demokrasi lima tahunan tersebut. Mengingat, masing-masing parpol masih dibebaskan untuk melakukan penjaringan kandidat.

Baca Juga:  Para Rektor Hendaki Figur Pemimpin Berkredibilitas di Pilkada Pamekasan 2024

“Untuk Pilkada Pamekasan, kami sudah ada kesepakatan bersama.  Itu atas dasar arahan dari KIM pusat. Kami diminta tetap solid supaya koalisi ini memiliki kekuatan yang cukup besar di Pamekasan,” jelasnya.

Taufiq mengaku, pertemuan tidak resmi antara parpol KIM seringkali dilakukan atas dasar instruksi dari pusat. Saat ini, pihaknya tengah menelaah keinginan masyarakat untuk Pamekasan lebih baik ke depan.

“Kami sementara masih belum memunculkan figur. Setelah penjaringan di masing-masing parpol selesai, nanti kami akan berembuk untuk kemudian dimunculkan sebagai calon bupati  dan wakil bupati,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Pamekasan Ismail menegaskan, terdapat beberapa parpol yang sudah mengeluarkan surat tugas kepada figur yang ingin menjadi peserta pilkada. Terlepas dari itu, nantinya masih ada rembuk bersama berkaitan dengan keputusan akhir siapa yang akan diberangkatkan dari Koalisi Pamekasan Maju–turunan dari KIM.

Baca Juga:  Sudah Kantongi Tiga Nama, Partai Golkar Buka Peluang Usung Tokoh Lain pada Pilkada Pamekasan 2024

“Jadi kami ini diberi kebebasan untuk melakukan penjaringan. Kami berkumpul untuk membangun kekuatan, karena di Pamekasan tidak ada satu pun parpol yang memiliki golden ticket untuk mengusung calon pada pilkada,” ujarnya.

Untuk diketahui, parpol yang tergabung di KIM sudah melakukan pertemuan, Minggu (19/5/2024). Pertemuan tersebut dihadiri Ketua DPC Partai Gerindra Pamekasan Taufiqur Rahman, Ketua DPC Demokrat Pamekasan Ismail, Ketua Partai Golkar Pamekasan Rize Ikhwan Muttaqin, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan Abdul Haq, dan Sekretaris PBB Pamekasan Moh Khomarul Wahyudi.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *