Ajak Siswa PAUD dan SD ke Museum Keraton Sumenep Dianggarkan Rp800 Juta

News18 Dilihat

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Tahun ini, Dinas Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep kembali mendapat kegiatan pengelolaan dari dana alokasi khusus (DAK). Bentuknya, berupa non fisik sebagai edukasi siswa dari bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) museum. 

Dana tersebut harus jelas indikator capaiannya. Bahkan bila perlu, harus ada tindak lanjut dari kegiatan non fisik tersebut. Sehingga anggaran yang sudah disediakan oleh pemerintah bisa bermanfaat bagi para siswa di daerah yang identik dengan slogan Kota Keris. 

“Indikator keberhasilan dari program ini harus jelas. Misal, seperti apa ketika siswa mengunjungi museum, perlu ada nilai-nilainya,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna, Rabu (11/1/2023).

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Sumenep Moh. Iksan menyampaikan, salah satu tujuan dari program itu tidak lain hanya sebagai media pembelajaran dan menanamkan kebudayaan lokal bagi siswa. Nantinya, siswa akan digiring ke Museum Keraton. 

Baca Juga :  Satpol PP Pamekasan Imbau Pemilik Toko Tidak Layani Sales Rokok Ilegal

“Mereka nantinya akan mendapat pengarahan langsung tentang budaya maupun sejarah kerajaan dulu,” ucapnya. 

Bahkan dia mengaku, pengenalan lingkungan museum terhadap siswa pernah dilaksanakan selama beberapa hari. Mereka mendapat penjelasan berbagai hal tentang sejarah maupun benda-benda serta fasilitas yang ada di museum. 

“jadi selain untuk menanamkan budaya dan sejarah sejak dini, program ini juga akan menambah wawasan tentang sejarah. Indikatornya nanti, mampu mengembangkan kreativitas siswa di bidang literasi,” jelasnya. 

Pihaknya menegaskan, para siswa yang menjadi sasaran dalam program BOP non fisik museum ini meliputi, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) sederajat. Kurang lebih anggarannya Rp800 juta. 

“Besaran anggarannya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,” tegasnya.

Pewarta: Moh. Rozin

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *