Banjir Pragaan, Ternyata Bupati Sumenep Kontrol Tim Gabungan dari Luar Madura

News24 Dilihat

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Sebagai wujud kepedulian, Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi memboyong organisasi perangkat daerah (OPD) dan beberapa elemen penting untuk meninjau langsung Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Termasuk Puskesmas Kecamatan Pragaan, Minggu (27/11/2022).

Kegiatan itu dilakukan lantaran wilayah tersebut dilanda banjir sehari sebelumnya, Sabtu (26/11/2022). Akibatnya, aktivitas pendidikan dan layanan kesehatan masyarakat sempat terganggu.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep itu tidak langsung turun pas kejadian. Sebab, masih menjalankan tugas negara di luar Madura.

Kendati berada di luar Madura, rupanya tidak membuat Ra Fauzi tinggal diam ketika rakyatnya ditimpa musibah. Setelah mendapatkan informasi dari Kabar Madura berkenaan musibah banjir Pragaan, Ra Fauzi langsung berkoordinasi dengan dinas terkait. Tim gabungan langsung bergerak cepat ke lokasi.

Fakta tersebut tidak dipungkirinya. Ra Fauzi mengaku melakukan itu guna memberikan bantuan lebih awal.

Baca Juga :  Belajar dari Dua Laga Penyisihan Piala Dunia, AQ: Tak Boleh Menyepelekan Lawan!

“Kebetulan saya sedang di luar kota. Hujannya sampai siang. Sorenya langsung saya perintahkan tim gabungan untuk langsung turun ke lokasi. Itu untuk pertolongan awal,” kata Ra Fauzi, Minggu (27/11/2022)

Tim gabungan yang diperintahkan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu melaksanakan tugasnya hingga larut malam. Bahkan, hari Minggu pagi, mereka kembali lagi dengan melakukan bersih-bersih dan santunan ke korban banjir.

“Malam harinya sampai pukul sebelas. Paginya, mereka sudah kembali lagi ke lokasi,” tambah Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu.

Selain terus memonitor kejadian tersebut dan mencermati tindakan yang dilakukan bawahannya, Ra Fauzi juga langsung bertolak dari luar kota untuk mengecek langsung ke lokasi. Yakni, ke Pondok Pesantren Al-Amien dan Puskesmas Pragaan.

Bupati mengunjungi lokasi terdampak banjir di Kecamatan Pragaan bersama OPD terkait, di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca Juga :  Terhambat Anggapan KDRT adalah Aib, Banyak Kasus Kekerasan pada Perempuan Tidak Dilaporkan

Selain mengunjungi pondok pesantren, Ra Fauzi juga mendatangi Puskesmas Pragaan yang terdampak banjir. Dirinya tampak tak canggung berkomunikasi dengan keluarga dan pasien, termasuk meminta jajaran Puskesmas memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat juga mempunyai kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan, seperti di sungai. Sebab, hal itu dapat berdampak pada terjadinya banjir,” pungkasnya.

Tim Gabungan Sikapi Banjir Pragaan

1). Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sumenep.

2).Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep.

3). Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumenep.

4). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep.

5). Polres Sumenep.

6). Kodim 0827 Sumenep.

Reporter: KM66

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *