Berawal dari Scroll Mouse, Abdul Kholiq Raih Juara I Baca Berita Bahasa Arab Tingkat Nasional

Uncategorized10 Dilihat
(KM/IMAM MAHDI) Abdul Kholiq: Santri Pesantren Annuqayah Late Guluk-Guluk

KABARMADURA.ID | Dengan usaha dan doa, yakinilah bahwa segala sesuatu dapat tercapai. Itulah prinsip hidup yang selama ini dipegang teguh Abdul Kholiq yang saat ini dinobatkan sebagai juara 1 lomba baca berita bahasa Arab tingkat nasional. Dia mampu menyisihkan 41 peserta dari seluruh Indonesia

IMAM MAHDI, SUMENEP

Abdul Kholiq adalah santri Pesantren Annuqayah Late Guluk-Guluk. Saat ini menempuh di perguruan tinggi di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk

Keberhasilannya dinobatkan sebagai juara 1 lomba baca berita bahasa Arab tingkat nasional, karena berkat usaha keras disertai doa. Selain itu, berkat mondok selama 5 tahun (2018 – sekarang), karena dirinya mengaku terus belajar dan dibimbing oleh para ustaz di pondoknya.

Santri yang saat ini mengenyam pendidikan di program studi pendidikan bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah Instika itu terus berusaha dalam mencapai tujuannya.

“Dengan usaha dan doa, yakinlah bahwa kamu bisa,” demikian kata mahasiswa semester III itu, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga :  RSUD Moh. Anwar Matangkan Persiapan Menuju Akreditasi Bintang 5

Pria kelahiran Bondowoso, 27 Oktober 2002 ini mangakui termotivasi hidup dengan adanya kedua orang tuanya. Kemajuan hingga menjadi juara juga tidak liput dari bimbingan ibunya. Sebelum berangkat mondok, selalu ditekankan agar tidak berleha-leha, tekun belajar dan takzim pada guru.

Sebelum mengikuti lomba, kedua matanya tertuju pada sebuah pamflet (sekaligus juknis) yang bertuliskan “Buku Panduan Semarak Festival Arab 12” yang biasa dikenal dengan nama Darul Lughah Al-Arabiyah wal Fiqh As-Salafi (Dalfis) di salah satu file komputer.

Setelah baca sekilas, scroll mouse atas bawah, tanpa sengaja membaca tulisan “Lomba Baca Berita Bahasa Arab” yang terletak pada halaman 48-50. Seiring berjalannya waktu, dia terus memantau alokasi waktu untuk registrasi peserta. Beruntung masih kebagian waktu untuk daftar di pertengahan gelombang pertama.

Setelah melalui proses itu, kemudian mulai searching teks berita yang sudah disediakan oleh pihak panitia dengan bentuk link di juknis tersebut.

Baca Juga :  LPS Akan Selenggarakan 2 Kegiatan Besar pada KTT G20

Begitu teks ada di genggamannya, dia kemudian menarget untuk dalam waktu sepekan sudah menghafalnya. Beranjak pada pekan berikutnya, yaitu fase hafal secaara lancar tanpa terjeda-jeda.

Mengingat waktu pengumpulan video yang masih lama, yaitu pada l 8 – 9 November 2022 lalu, maka dia selalu memaksimalkan diri untuk selalu latihan demi bagusnya performa di perekaman video.

Selang beberapa hari kemudian, dia merekam video dibantu seorang kru media milik pesantren. Lalu berlanjut kepada pengeditan yang diprakarsai oleh ustaznya. Pada 8 November, dia unggah video penampilannya sekaligus foto twibbon pada akun instagram temannya.

Pada 9 November (batas akhir pengiriman), dia kirim tautan video tersebut melalui link google from yang tersedia di grup peserta lomba.

“Alhamdulilah pada sore hari tanggal 12 November, tepatnya penutupan kegiatan lomba yang diadakan secara daring itu, saya dikabarkan oleh salah satu ustaz bahwa saya berhasil menjadi juara 1 dalam ajang lomba itu,” cerita Kholiq.

Setelah dinobatkan sebagai juara, dia sangat bersyukur, karena doanya telah ijabah. Kholiq juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan ikut membantunya ketika proses perekaman dan pengeditan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Kunjungi Stan Batik Pamekasan di World Conference on Creative Economy Bali

“Ucapan terima kasih saya, terlebih kepada kedua orang tua saya yang selalu ada menemani saya dalam suka dan duka,” bebernya.

Lomba yang dimenangkan Kholiq itu bertajuk Semarak Festival Arab ke-12 (Safar 12) 2022. Tema yang diangkat adalah Gelora Kebangkitan Peradaban Nusantara dalam Nuansa Timur Tengah. Acara diadakan selama 6 hari secara online dari Universitas Negeri Jakarta. Diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *